Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Kesehatan Ajukan Tambahan Anggaran Rp132 Triliun di 2021

Budi sendiri memastikan bahwa penambahan anggaran Kemenkes akan fokus kepada vaksin Covid-19

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Menteri Kesehatan Ajukan Tambahan Anggaran Rp132 Triliun di 2021
Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi IX DPR RI menggelar rapat tertutup dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terkait program dan anggaran Kemenkes tahun 2021.

Namun setelah rapat selesai, Budi Gunadi menyampaikan bahwa Kemenkes mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp132 triliun terkait penanganan pandemi Covid-19 dan pembelian vaksin. 

"Oh kalau (anggaran Rp 132 triliun) yang itu adalah rencana diskusi untuk apakah diperlukan tambahan anggaran terkait penanganan pandemi covid tahun ini," ujar Budi, ditemui pasca rapat dengan Komisi IX DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/2/2021).

Penambahan anggaran itu, kata Budi, dilakukan pascaarahan Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait refocusing dan realokasi anggaran guna penanggulangan Covid-19. 

Namun hingga saat ini anggaran tahun 2021 masih didiskusikan oleh Komisi IX DPR RI. 

Baca juga: Jenazah Soraya Abdullah Dimakamkan dengan Protokol Kesehatan, hingga Tangis sang Suami Pecah

"Karena tahun lalu kan juga begitu, anggaran 2020 sudah diketok, kemudian anggaran tambahan untuk pemulihan ekonomi nasional dan penanggulangan COVID-19 ada tambahan anggaran, sekarang sedang tahap diskusi. (Anggarannya untuk) Vaksin, vaksin paling banyak," kata Budi.

BERITA TERKAIT

Senada dengan Budi, Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene membenarkan pengajuan tambahan anggaran Kemenkes sebanyak Rp132 triliun itu.

"Pak Menteri sampaikan juga akan ada tambahan anggaran, tapi masih dalam tahap pembahasan, sekitar Rp 132 T. Jadi itu Pak Menteri ingin (membahas dulu) bersama Komisi IX gitu," ujar Felly.

Politikus Nasdem itu menegaskan penambahan anggaran yang diajukan Kemenkes terbilang wajar karena dipergunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami Indonesia. 

"Kalau dia sampaikan sendiri untuk Kementerian Kesehatan sendiri ada Rp132 triliun tambahnya, bukan totalnya, tapi tambahnya Rp132 triliun," jelas Felly. 

"Jadi total Rp200 triliun lebih. Wajar kalau misalnya Rp200 triliun lebih, karena waktu itu kami minta kalau cuma 5% untuk kesehatan kapan selesainya, kan banyak program jangka pendek yang harus selesai," tandasnya.

 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas