Tribun

Gejolak di Partai Demokrat

Cerita Ruhut Sitompul Diminta Bujuk Moeldoko Jadi Ketua Umum Demokrat

Ruhut Sitompul mengaku sempat diminta beberapa kader partai berlambang bintang Mercy untuk membujuk Moeldoko

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Cerita Ruhut Sitompul Diminta Bujuk Moeldoko Jadi Ketua Umum Demokrat
Lendy Ramadhan/Tribunnews.com
Ruhut Sitompul. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengaku sempat diminta beberapa kader partai berlambang bintang Mercy untuk membujuk Moeldoko menjadi ketua umum Demokrat.

"Mereka cerita ke saya, kan saya dekat dengan Pak Moeldoko. Mereka bilang, abang dong bantu biar Pak Moeldoko mau jadi ketua umum, kalau mau, kami mau melakukan KLB (Kongres Luar Biasa)," ujar Ruhut Sitompul saat dihubungi, Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Baca juga: Ruhut Sitompul Ungkap Curhatan Kader Demokrat: Tim AHY Minta Akomodasi dan Lainnya Jika ke Daerah

Menurutnya, permintaan tersebut disampaikan secara langsung saat dirinya berkunjung ke daerah dan ada juga kader daerah yang menghubungi lewat telepon.

"Bahkan mereka bilang, abang baliklah (ke Demokrat), saya bilang tidak bisa, saya sudah jadi kader PDI Perjuangan," ucap Ruhut.

Ruhut melihat, sebagian kader yang ada di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat, menginginkan adanya KLB karena mengeluh dengan kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca juga: Gede Pasek: Mas Anas Urbaningrum Tak Ada Urusannya dengan Perebutan Kepemimpinan Demokrat

Keluhan kader daerah, kata Ruhut, tidak berani disampaikan secara langsung ke DPP Demokrat, tetapi hanya bisa curhat kepada dirinya dan senior lainnya yang saat ini ada empat faksi ingin adanya KLB.

"Memang betul ada empat faksi itu. Tapi sekarang saya kaget, faksi ini bergabung dan menjadikan AHY musuh bersama, mereka datang ke saya juga, menyampaikan keluhan daerah soal macam-macam," kata Ruhut.

"Tapi saya bilang ke mereka, saya harus batasi, karena saya sekarang berterima kasih kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, saya sudah kader PDI Perjuangan," sambung Ruhut.

Baca juga: Ketua DPC Demokrat Kota Bogor : Iuran ke DPP untuk Sumbangan Korban Bencana Alam

Diketahui, terdapat empat faksi dari forum pendiri dan senior Partai Demokrat yang menyuarakan keluhan DPD maupun DPC terhadap kepemimpinan AHY, hingga menginginkan Moeldoko jadi ketua umum Demokrat melalui KLB.

Empat faksi itu di antaranya, faksi mantan ketua umum Partai Demokrat Subur Budi Santoso, faksi ketua umum Demokrat hasil Kongres 2005 di Bali Hadi Utomo (almarhum).

Kemudian, faksi Anas Urbaningrum yang merupakan ketua umum Demokrat hasil Kongres di Bandung pada 2010, dan faksi Marzuki Alie.

Ngopi biasa

Sementara itu, Kepala Staf Presiden Moeldoko mengaku heran dengan ramainya pertemuan antara dirinya dengan sejumlah pengurus dan mantan pengurus partai Demokrat.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas