Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Prof Firmanzah Meninggal

Dekan FKUI Pertanyakan Penyebab Kematian Prof Firmanzah yang Begitu Mendadak

Prof Firmanzah yang meninggal dunia pada Sabtu (6/2/2021) kemarin, meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga besar Universitas Indonesia (UI).

Dekan FKUI Pertanyakan Penyebab Kematian Prof Firmanzah yang Begitu Mendadak
Eri Komar Sinaga/Tribunnews.com
Profesor Firmanzah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepergian Rektor Universitas Paramadina, Prof Firmanzah yang meninggal dunia pada Sabtu (6/2/2021) kemarin, meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga besar Universitas Indonesia (UI).

Tercatat Prof Firmanzah adalah Guru Besar sekaligus Eks Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

Dekan Fakultas Kedokteran UI, Prof Ari Fahrial Syam mengungkapkan, sampai saat sebelum ajal menjemput, Prof Firmanzah masih memberikan bimbingan pada para mahasiswa Pascasarjana UI.

"Walau menjadi rektor di Universitas Paramadina, almarhum tetap memberikan bimbingan pada para mahasiswa, khususnya mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia. Pada usia yang masih muda 44 tahun almarhum menghadap sang  pencipta," ucap Prof Ari dalam pernyataannya kepada Tribunnews.com, Senin (8/2/2021).

Prof Ari mempertanyakan ihwal kepergian Prof Firmanzah yang begitu mendadak.

"Saya tidak kenal dekat dengan almarhum, tetapi almarhum sebagai  salah seorang  tokoh di UI. Saya beberapa kali bertemu dengan almarhum. Dalam kondisi pandemi ini, umumnya ketika kita mendengar ada seseorang meninggal mendadak, padahal kita tahu sebelumnya almarhum sehat, maka yang terpikir oleh kita adalah Covid-19 sebagai penyebabnya," kata Prof Ari.

Kendati demikian, dugaan Prof Firmanzah meninggal karena Covid-19 itu dibantah pihak keluarga.

Hal itu dibuktikan dengan proses pemakaman almarhum yang dilangsungkan berbeda dari para korban Covid-19.

Baca juga: Rektor Universitas Paramadina Firmanzah Jatuh Saat Hendak Salat Subuh: Selamat Jalan Fiz

"Dalam gambar-gambar proses persemayaman dan pemakaman almarhum Prof Firmanzah yang kita tahu, bahwa tidak ada proses yang melalui protokol Kesehatan," ujar Prof Ari.

Akademisi dan Praktisi klinis itu mengaku mendapat informasi dari pihak keluarga bahwa almarhum punya sakit jantung dan GERD, salah satu penyakit yang berhubungan dengan asam lambung.  

Halaman
12
Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas