Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Polri: Indonesia Belum Ada Kasus Vaksin Palsu

Afrika Selatan dan China sedang diramaikan terkait pengungkapan adanya kasus vaksin Covid-19 palsu.

Polri: Indonesia Belum Ada Kasus Vaksin Palsu
TRIBUN JABAR/ZELPHI
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin covid-19 Sinovac sebelum disuntikkan pada Aparat Sipil Negara (ASN) di Gedung B Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin (01/03/2021). Sebanyak 140 ASN berhasil disuntik vaksin covid-19 Sinovac pada hari pertama program Vaksinasi covid-19 bagi pelayan publik di lingkungan Pemerintahan Daerah Kota Cimahi, seperti diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, drg Pratiwi M.Kes. ASN yang sebagian besar dari jajaran eselon IV sejak hari Jumat (26/02/2021) sudah mendapat pemberitahuan akan dilakukan penyuntikan vaksin hari Senin ini. (Tribun Jabar/Zelphi) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Afrika Selatan dan China sedang diramaikan terkait pengungkapan adanya kasus vaksin Covid-19 palsu.

Ribuan vaksin palsu itu pun disita oleh interpol negara tersebut.

Menanggapi hal itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono memastikan Indonesia masih belum menemukan adanya penyebaran vaksin palsu tersebut.

"Sejauh ini di Indonesia belum ada kasus vaksin palsu," kata Brigjen Rusdi di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (5/3/2021).

Kendati demikian, kata Rusdi, pihak kepolisian juga akan melakukan pencegahan terkait penemuan vaksin palsu di negara lain tersebut.

Polri akan mengawasi peredaran vaksin ke seluruh daerah di Indonesia.

"Yang jelas soal vaksin palsu ini ada pihak yang akan bertanggung jawab disitu. Tentunya Polri akan membackup untuk mengantisipasi vaksin palsu itu," ujar dia.

Sebelumnya, Interpol mengatakan pada Rabu kemarin bahwa mereka telah menyita ribuan vaksin palsu virus corona (Covid-19) di Afrika Selatan dan China, serta melakukan lebih dari 80 penangkapan setelah jaringan kriminal yang menjual vaksin palsu terungkap.

Baca juga: Mutasi Virus Corona B117 Masuk Indonesia, Jokowi Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir

Di Afrika Selatan, polisi menemukan 400 ampul vaksin palsu yang setara dengan sekitar 2.400 dosis, di sebuah gudang di luar kota Johannesburg.

Sejumlah besar masker 3M palsu juga ditemukan, selain itu polisi turut menangkap tiga warga negara China dan seorang warga Zambia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas