Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komunitasi Cuci Darah Sambut Baik Pasien Penyakit Ginjal Kronik Dapat Diberi Vaksin Covid-19

Tony meminta Kemenkes untuk segera merealisasikan rekomendasi vaksinasi untuk pasien penderita penyakit ginjal, melalui surat edaran dari Kemenkes.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Komunitasi Cuci Darah Sambut Baik Pasien Penyakit Ginjal Kronik Dapat Diberi Vaksin Covid-19
meetdoctor
Ilustrasi ginjal 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI), Tony Richard Samosir menyambut baik rekomendasi dari Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) bagi para pasien penyakit ginjal kronik, geriatri, dan kardiovaskular untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 (CoronaVac) dalam kondisi tertentu.

Baginya rekomendasi ini adalah sebuah penantian dan harapan yang ditunggu para pasien dengan penyakit ginjal di seluruh Indonesia.

Baik pasien yang belum atau sedang menjalani dialisis sampai pasien yang melakukan transplantasi ginjal.

"Dengan adanya rekomendasi yang baik ini akan meredakan kegelisahan para pasien cuci darah di Indonesia yang dihantui rasa cemas akan infeksi virus yang semakin sulit terkontrol," kata Tony dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com, Sabtu (6/3/2021).

Meskipun telah direkomendasikan, Tony meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk segera merealisasikan rekomendasi vaksinasi untuk pasien penderita penyakit ginjal, melalui surat edaran dari Kemenkes.

Baca juga: Rekomendasi PAPDI: Pasien Penyakit Ginjal Kronik Bisa Divaksinasi Covid-19, Tapi Ada Syaratnya

Baca juga: Gangguan Ginjal Akut Bisa Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

"Diharapkan dengan ada surat resmi maka para pasien bisa lebih tenang dalam menjalani dialisis dan pemulihan penyakit pada saat pandemi Covid-19," harap dia.

BERITA TERKAIT

Sebelummya, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi bagi pasien gangguan ginjal sebelum menerima suntikan vaksin Covid-19.

Untuk individu dengan gangguan ginjal, maka kelayakan vaksinasi sesuai dengan rekomendasi berikut :

- PGK (Penyakit Ginjal Kronik) non dialysis dan dialisis

Layak diberikan vaksin Covid-19 dalam kondisi stabil secara klinis. Alasannya, karena risiko infeksi yang tinggi dan risiko mortalitas serta morbiditas yang sangat tinggi pada populasi ini bila terinfeksi Covid-19.

Kriteria stabil meliputi pasien tidak sedang mengalami komplikasi akut terkait PGK, atau tidak dalam kondisi klinis lain dimana dalam penilaian dokter yang merawat tidak layak untuk menjalani vaksinasi.

Ilustrasi anak mengalami penyakit ginjal
Ilustrasi anak mengalami penyakit ginjal (Freepik)

- PGK (Penyakit Ginjal Kronik ) dialisis (hemodialisis dan dialisis peritoneal)

Layak diberikan vaksin Covid-19 dalam kondisi stabil secara klinis. Alasannya, karena risiko infeksi yang tinggi dan risiko mortalitas serta morbiditas yang sangat tinggi pada populasi ini bila terinfeksi COVID-19.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas