Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pengikut Rizieq Shihab Tewas

Siang Ini Gelar Perkara Unlawful Killing Laskar FPI Digelar Bareng Itwasum dan Propam

Nantinya, gelar perkara tersebut dilaksanakan di gedung Wassidik (Pengawasan Penyidikan) Mabes Polri.

Siang Ini Gelar Perkara Unlawful Killing Laskar FPI Digelar Bareng Itwasum dan Propam
Tangkap layar YouTube Kompas TV
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasus dugaan pembunuhan di luar hukum atau unlawful killing laskar Front Pembela Islam (FPI) oleh 3 personel Polda Metro Jaya di jalan tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, memasuki babak baru.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menyampaikan penyidik Polri bakal mulai melakukan gelar perkara untuk menaikkan status perkara unlawful killing laskar FPI dari penyelidikan menjadi penyidikan pada siang hari ini.

"Memang benar ya untuk hari ini rencananya pukul 14.00 WIB nanti akan dilaksanakan gelar perkara untuk meningkatkan apakah kasus itu naik penyidikan," kata Argo di Kantor Humas Polri, Jakarta Selatan, Rabu (10/3/2021).

Baca juga: Penyelidikan 3 Personel Polda Metro dalam Dugaan Unlawful Killing Laskar FPI, Ini Instruksi Kapolri

Nantinya, gelar perkara tersebut dilaksanakan di gedung Wassidik (Pengawasan Penyidikan) Mabes Polri.

Gelar perkara itu juga akan diawasi langsung oleh Itwasum dan Propam Polri.

"Nanti dari Gedung Wassidik akan menggelarkan. Ada penyidik dan juga ada dari Itwasum dan Propam. Intinya hari ini untuk meningkatkan dari lidik ke sidik aja," tandas dia.

Dengan kata lain, jika nantinya perkara itu dinaikkan ke tingkat penyidikan, maka Polri telah menemukan unsur pidana di balik kasus tersebut.

Sebaliknya, naiknya status perkara menjadi penyidikan menandakan Polri telah menemukan potensial tersangka dalam tewasnya laskar FPI di jalan tol Jakarta-Cikampek.

Sebagai informasi, 3 anggota personel Polda Metro Jaya telah berstatus sebagai terlapor atas dugaan pembunuhan di luar hukum atau unlawful killing terhadap 6 laskar pengawal Habib Rizieq yang tewas di jalan tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menyampaikan status terlapor tersebut setelah penyidik Bareskrim Polri membuat laporan polisi terkait kasus tersebut. Hal itu sesuai dengan rekomendasi Komnas HAM.

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas