Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tahun Ini, Polda Metro Jaya Targetkan 150 Titik Ruas Jalan di Jakarta akan Terpasang Kamera Etle 

Polda Metro Jaya menargetkan pengoperasian kamera Electronik Traffic Law Enforcement (ETLE) di 150 titik ruas jalan di Jakarta pada tahun 2021 ini.

Tahun Ini, Polda Metro Jaya Targetkan 150 Titik Ruas Jalan di Jakarta akan Terpasang Kamera Etle 
Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah kendaraan saat melintas dibawah kamera Close Circuit Television (CCTV) di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan memasang 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021 untuk menerapkan tilang elektronik sesuai rencana Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang akan menghapus tilang oleh petugas. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya menargetkan pengoperasian kamera Electronik Traffic Law Enforcement (ETLE) di 150 titik ruas jalan di Jakarta pada tahun 2021 ini.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan saat ini sudah terpasang sebanyak 57 kamera etle di Jakarta sejak 2019 lalu dan akan mengalami penambahan pada pertengahan bulan Maret ini.

"Nah tanggal 23 bulan 3 akan ada launching etle nasional di 12 Polda, salah satunya Polda Metro Jaya," kata Sambodo kepada wartawan di Bareskrim Polri, Senin (15/3/2021).

Baca juga: ETLE Akan Kikis Habis Peluang Kerumunan Pembayar Denda Lalin, Berbahaya di Masa Pandemi

Tidak hanya itu, kata Sambodo nantinya Polri juga akan melakukan penambahan kamera etle untuk jalur Transjakarta serta ruas jalan tol.

Penambahan itu dilakukan kata dia untuk meningkatkan keamanan serta kenyamanan para pengguna jalan maupun masyarakat yang menggunakan angkutan umum.

"Kami tambahkan ada 41 kamera lagi yaitu di koridor Transjakarta dan jalan tol totalnya 98 kamera," ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga sedang melakukan proposal pengajuan untuk mendapatkan hibah etle tahap ke empat untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang jumlahnya 60 kamera.

Baca juga: 205 Kamera ETLE Baru Tahap Pertama Bakal Diluncurkan di 10 Polda 14 Maret 2021

"Jadi targetnya jika semua berjalan baik, maka tahun 2021 di Jakarta akan ada 150 titik kamera etle," tukasnya.

Sambodo juga menyebut, program pemanfaatan etle ini sejalan dengan kebijakan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit yang menjadi program prioritasnya.

Karena menurutnya, pemanfaatan etle dapat digunakan tidak hanya untuk melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas tetapi juga sebagai alat bukti tindak pidana di jalan raya.

Ikuti kami di
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas