Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Agama Minta Persiapan Haji Disiapkan Sedetail Mungkin Demi Keselamatan Jemaah

Hal tersebut diungkapkan oleh Yaqut tersebut saat membuka Muzakarah Perhajian Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (30/3/2021).

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Menteri Agama Minta Persiapan Haji Disiapkan Sedetail Mungkin Demi Keselamatan Jemaah
Tribunnews.com/ Chaerul Umam
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menginstruksikan jajarannya agar mempersiapkan skenario penyelenggaraan haji di tengah pandemi Covid-19 ini dengan sangat komprehensif.

Hal tersebut diungkapkan oleh Yaqut tersebut saat membuka Muzakarah Perhajian Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (30/3/2021).

"Siapkan secara detail. Saya harap pelaksanaan haji benar-benar detail persiapannya," ujar Yaqut melalui keterangan tertulis, Selasa (30/3/2021).

Menurut Yaqut, melalui persiapan yang mendetail, tujuan beribadah dan keselamatan jemaah bisa terwujud. Dirinya menegaskan keselamatan jemaah menjadi prioritas utama.

"Jangan ada yang terlewat sedikit pun, karena terkait keselamatan jemaah," pesan Gus Menteri, sapaan akrab Menag.

"Demi keselamatan jemaah, siapkan haji sedetail mungkin," lanjutnya.

Baca juga: Reksa Dana Haji Syariah Jadi Alternatif Minimalisir Risiko Investasi

Seperti diketahui, Muzakarah Perhajian Indonesia digelar untuk menggali masukan dari berbagai pihak sebagai masukan bagi Kemenag dan tim manajemen krisis dalam mengambil keputusan terbaik terkait penyelenggaraan haji 1442H/2021M.

BERITA TERKAIT

Muzakarah berlangsung tiga hari, 30 Maret hingga 1 April 2021. Sejumlah narasumber yang dihadirkan antara lain  Menag, Komisi VIII, Tim Manajemen Krisis, Dirjen PHU 2014-2018 Abdul Djamil, Jubir Satgas Covid, Sekjen Kemenag, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Imigrasi, Dirjen Asia Pasifik, dan Dubes Arab Saudi di Indonesia.

Muzakarah ini diikuti perwakilan MUI, PBNU, Muhammadiyah, Persis, Al Washliyah, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Asosiasi Penyelenggara Haji dan Umrah, KBIH, serta Balitbang Kemenag.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas