Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Cak Imin Minta Pemerintah Naikkan Anggaran Kesehatan Pesantren

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meningkatkan anggaran kesehatan pesan

Cak Imin Minta Pemerintah Naikkan Anggaran Kesehatan Pesantren
tangkap layar
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meningkatkan anggaran kesehatan pesantren.

Hal tersebut disampaikan Cak Imin secara langsung di hadapan Jokowi saat berpidato di pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) dan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama PKB di Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Wakil Ketua DPR RI itu menyatakan, pemerintah pernah mengalokasikan anggaran khusus untuk kesehatan pesantren pada lima tahun silam.

Namun, menurutnya, alokasi anggaran tersebut mengalami hambatan dalam tujuh tahun terakhir.

"Lima tahun lalu ada anggaran khusus kesehatan pesantren, tetapi terakhir-terakhir ini, tujuh tahun terakhir ini mengalami agak hambatan, mungkin karena APBN kita. Tapi, kami berharap ke depan anggaran untuk kesehatan pesantren ini semakin meningkat," kata Cak Imin.

Baca juga: Ketua DPD RI Apresiasi Inovasi Program One Pesantren One Product di Jawa Timur

Cak Imin berharap pemerintah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh, khususnya di bidang kesehatan santri di berbagai pelosok Indonesia.

Lebih lanjut, Cak Imin menyatakan PKB mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mengeluarkan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

Bahkan, menurutnya, regulasi itu telah ditindaklanjuti oleh Kementerian Agama dengan mengeluarkan dua regulasi turunan yaitu PMA Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pendirian dan Penyelenggaraan Pesantren serta PMA Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren.

Namun begitu, kata Cak Imin, pihaknya masih berharap agar Jokowi menerbitkan peraturan presiden (perpres) sebagai regulasi turunan UU Pesantren yang mengatur pelaksanaan peran pesantren dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membantu meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi masyarakat.

"Kami berharap kepada Bapak Presiden yang kami cintai agar tindak lanjut dari UU Pesantren dapat diteruskan melalui Perpres yang mengatur pelaksanaan peran pesantren," ujarnya.

Ikuti kami di
Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas