Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi: Indonesia Patut Bersyukur Dengan Warisan Bhineka Tunggal Ika

Presiden Jokowi mengajak seluruh pimpinan dan jajaran Dewan Pengurus Pusat (DPP) LDII, serta keluarga besar LDII

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jokowi: Indonesia Patut Bersyukur Dengan Warisan Bhineka Tunggal Ika
Sekretariat Kabinet
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan dalam pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) IX Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) secara virtual, Rabu (7/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Presiden Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengajak organisasi masyarakat (Ormas) untuk menjaga toleransi antar umat beragama dan bersyukur dengan warisan Bhineka Tunggal Ika dari pendiri bangsa.

Di musyawarah nasional (Munas) IX Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) pada Rabu (7/4/2021), Presiden mengatakan sikap toleran adalah keharusan.

Presiden juga mendorong ormas untuk saling menghargai segala perbedaan, sehingga tercapai kesamaan sikap yang saling menghormati terhadap beragam perbedaan.

“Kita patut bersyukur menerima warisan berupa Bhinneka Tunggal Ika dari para pendiri bangsa, meskipun berbeda-beda suku, bangsa, dan berbeda dalam pandangan agama, tapi tetap saling menghormati, bersatu, rukun, dan bersama-sama bergotong royong,” kata Presiden Jokowi dari Istana saat memberikan sambutan secara virtual di Munas LDII IX , Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Jokowi: Indonesia Patut Bersyukur dengan Warisan Bhinneka Tunggal Ika

Presiden Jokowi mengajak seluruh pimpinan dan jajaran Dewan Pengurus Pusat (DPP) LDII, serta keluarga besar LDII untuk selalu menyuarakan toleransi dan keagamaan di negara Indonesia.

Presiden Jokowi mendukung komitmen atau paradigma LDII yang terbuka, toleran, dan berbhineka Tunggal Ika.

BERITA REKOMENDASI

“Ini harus terus ditingkatkan lagi, LDII yang sangat menghormati agama lain, sangat menghormati umat Islam, yang bersedia bekerja sama dengan ormas islam lainnya,” katanya.

Baca juga: Ambil Alih Kepengurusan Persis Solo, Kaesang Pangarep Ungkap Komentar Singkat Jokowi

Presiden mengingatkan agar semua ormas Islam berpedoman pada ajaran agama yang sejuk, ramah, mengedepankan toleransi, serta menjauhi sikap tertutup dan eksklusif.

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan bersikap tegas terhadap segala bentuk intoleransi yang bisa merusak sendi-sendi kebangsaan.

Baca juga: Alasan KPI Tak Jatuhkan Sanksi pada Tayangan Pernikahan Atta-Aurel, Bukan karena Ada Jokowi

Oleh karena itu, organisasi keagamaan di Indonesia menurutnya harus memiliki prinsip anti kekerasaan dan memiliki komitmen untuk mengedepankan penerimaan prinsip-prinsip berbangsa yang tertuang dalam konstitusi, menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945.

“Ormas harus menjunjung tinggi sikap toleransi kepada sesama, menghormati perbedaan dan memberi ruang untuk berkeyakinan, mengekspresikan keyakinannya dan menyampaikan pendapat dan menghargai kesetaraan,” ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas