Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Budiman Sudjatmiko Sebut 'Silicon Valley'  Indonesia Siap Dibangun, Lokasinya di Sukabumi

Bukit Algoritma dengan konsep mirip Silicon Valley di Amerika sebagaimana yang dicita-citakannya sudah siap dibangun.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Budiman Sudjatmiko Sebut 'Silicon Valley'  Indonesia Siap Dibangun, Lokasinya di Sukabumi
Istimewa
Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia, Budiman Sudjatmiko 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Pelaksana Kiniku Bintang Raya KSO, Budiman Sudjatmiko bisa melihat Indonesia masa depan memiliki banyak kawasan pusat pengembangan inovasi dan teknologi bakal segera jadi kenyataan.

Pasalnya, sesuai kesepakatan yang ditandatangani bersama, Bukit Algoritma dengan konsep mirip Silicon Valley di Amerika sebagaimana yang dicita-citakannya sudah siap dibangun.

'Silicon Valley' Indonesia  berlokasi di Cikidang dan Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat dan PT Amarta Karya (AMKA), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Konstruksi ditunjuk menjadi mitra infrastruktur pada proyek seluas 888 hektare tersebut.

Baca juga: Budiman Sudjatmiko : Indonesia Harus Punya Komite Sains Kepresidenan dan “Silicon Valley”

Politisi PDI Perjuangan ini meyakini akan terealisasi karena dirinya turut menghadiri dan ikut mendatangani kontrak pada acara penandatanganan Pekerjaan Pengembangan Rencana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pengembangan Teknologi dan Industri 4.0 di Jakarta, Rabu 7 April 2021 lalu.

"Ini  merupakan mimpi jangka panjang dan untuk tahap pertama selama tiga tahun.

AMKA menjadi mitra kepercayaan untuk membangun infrastruktur, termasuk akses jalan raya, fasilitas air bersih, pembangkit listrik, gedung konvensi dan fasilitas-fasilitas lainnya," kata Budiman dalam keterangannya, Sabtu  (10/4/2021).

BERITA TERKAIT

Budiman menyebut Bukit Algoritma yang segera diwujudkan itu kedepannya diharapkan menjadi pusat research and development serta pengembangan sumber daya manusia Indonesia, utamanya generasi muda.

"Muda-mudi anak bangsa sudah banyak yang menorehkan prestasi dan menciptakan inovasi di kancah global," tuturnya.

"Kelak kawasan ini akan jadi salah satu pusat untuk pengembangan inovasi dan teknologi tahap lanjut, semisal kecerdasan buatan, robotik, drone (pesawat nirawak), hingga panel surya untuk energi yang bersih dan ramah lingkungan," papar Budiman.  

Selain Budiman Sudjatmiko, penandatanganan kontrak pekerjaan tersebut juga dilakukan oleh Direktur Utama AMKA, Nikolas Agung dan Direktur Utama PT Bintang Raya Lokalestari, Dhanny Handoko.

Pada 3 tahun pertama sebagai tahapan awal, nilai total proyek diperkirakan akan mencapai angka 1 miliar euro atau setara Rp.18 triliun.

Penggunaannya akan meliputi upaya peningkatan kualitas ekonomi 4.0; peningkatan pendidikan dan penciptaan pusat riset dan development untuk menampung ide anak bangsa terbaik demiIndonesia bangkit; serta peningkatan sektor pariwisata.

Menurut Nikolas, pengembangan KEK Sukabumi diharapkan bisa meningkatkan inftastruktur pertumbuhan yang tangguh berkelanjutan dan mewujudkan pembangunan SDM berbasis iptek sebagai salah satu alat dukung penuh pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu Business Development Advisor AMKA, Oki Fahreza menambahkan bahwa pembangunan kawasan inovasi teknologi 4.0 Sukabumi sangat strategis sebab memiliki infrastruktur pendukung yang terbilang memadai, seperti akses Tol Bocimi (Seksi 2 Cibadak), Pelabuhan Laut pengumpan Regional (PLPR) Wisata dan Perdagangan Pelabuhan Ratu, Bandara Sukabumi Cikembar (yang akan dibangun), dan double track KA Sukabumi.

"Karena itu, kami akan melakukan best effort dan best practice, serta bergandengan tangan dengan pihak-pihak yang berkepentingan agar proyek yang dipercayakan pada AMKA ini bisa dilaksanakan dengan lancar," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas