Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kebakaran di Kilang Minyak Balongan

Ombudsman RI Minta Pertamina Selesaikan Investigasi Kebakaran Kilang Minyak di Indramayu

Pertamina juga diminta agar berkoordinasi dengan BNPB/BPBD setempat agar mitigasi bencana dapat dilakukan secara optimal

Ombudsman RI Minta Pertamina Selesaikan Investigasi Kebakaran Kilang Minyak di Indramayu
TRIBUNNEWS/VOVO SUSATIO
Asap hitam membumbung di atas area kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terlihat dari kabin penumpang pesawat Batik Air ketika melintas di pesisir utara Pulau Jawa dalam penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang menuju Bandara Adisoemarmo, Solo, Senin (29/3/2021), sekira pukul 12.34 WIB. Kebakaran di Kilang Pertamina Balongan terjadi pada tangki T-301G, Senin 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Ombudsman RI Hery Susanto juga meminta PT Pertamina (Persero) dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) agar segera menyelesaikan proses investigasi penyebab kebakaran tangki Kilang Minya Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu.

Menurut Hery, pihak Pertamina setidaknya butuh waktu paling lambat tiga bulan untuk menyelidiki penyebab pasti terjadinya kebakaran.

"Kami meminta Pertamina segera menyelesaikan investigasi mengenai akar penyebab terjadinya kebakaran empat tangki Pertamina Balongan dan menyampaikan secara transparan kepada publik sebagai bahan evaluasi dan perbaikan ke depan," katanya.

Ombudsman RI menekankan agar Pertamina tidak hanya mengandalkan internal perusahaan dalam proses investigasi tapi juga melibatkan Bareskrim Polri.

Pertamina juga diminta agar berkoordinasi dengan BNPB/BPBD setempat agar mitigasi bencana dapat dilakukan secara optimal.

Baca juga: Ombudsman Simpulkan Pertamina Tidak Respons Keluhan Warga Sebelum Kilang Balongan Terbakar

Keterlibatan BPBD untuk mengedukasi warga sekitar terkait potensi bencana gagal teknologi guna meminimalisir jatuhnya korban jiwa.

"Perlunya juga meningkatkan early warning system pada sekitar lingkungan Kilang Minyak Pertamina untuk meningkatkan kewaspadaan warga sekitar," tutur Hery.

Ganti Kilang yang Tak Laik 

Hery Susanto mengatakan, peralatan kilang minyak banyak yang sudah tidak laik harus menjadi perhatian serius agar kejadian kebakaran tangki kilang minyak Refinery Unit (RU) VI Balongan Indramayu milik Pertamina tidak terjadi lagi.

“Bagaimana pengelolaan alat-alat di kilang minyak yang harus diremajakan. Jadi jangan merawat suatu barang yang sudah rusak apalagi rentan bocor dan tidak tahan terhadap petir bahkan percikan api,” ucap Anggota Ombudsman RI Hery Susanto dalam konferensi pers daring, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Pertamina Nyatakan Infrastruktur Distribusi Energinya dari Dampak Gempa di Malang Selatan

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas