Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menkominfo Temui Kapolri Minta Bantuan Selesaikan Target 4G Masuk ke 80 Ribu Desa-Kelurahan

Menkominfo Jhonny G Plate menemui Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (4/5/2021).

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Menkominfo Temui Kapolri Minta Bantuan Selesaikan Target 4G Masuk ke 80 Ribu Desa-Kelurahan
Sekretariat Presiden
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menkominfo Jhonny G Plate menemui Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (4/5/2021).

Dalam paparannya, Jhonny menyatakan kedatangannya untuk meminta bantuan dari Polri untuk sosialisasi migrasi ruang digital. Khususnya untuk membangun infrastruktur teknologi, informasi dan komunikasi (TIK).

Menurutnya, pembangunan infrastruktur TIK harus difokuskan di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

"Perlu dibangun infrastruktur digital TIK telekomunikasi dan informatika yang lebih memadai ke seluruh wilayah tanah air. Dan dalam kaitan dengan itu, Kominfo akan membangun infrastruktur TIK di wilayah 3T melalui BLU Bakti Kominfo," kata Jhonny.

Baca juga: Menkominfo Minta Bantuan Kapolri Kejar Target Jaringan 4G Masuk 80 Ribu Desa dan Kelurahan

Ia mengungkapkan pelibatan Polri diharapkan dapat memperlancar pembangunan TIK di daerah tersebut. Sebab, pembangunan ini menjadi modal kuat bangsa Indonesia.

"Kominfo berharap bahwa dukungan personel yang kuat yang dimiliki Polri yang tersebar di seluruh wilayah tanah air ya bisa menjadi modal kuat dalam kolaborasi TIK untuk kepentingan masyarakat dan rakyat Indonesia. Kita tidak bisa hindari bahwa kebutuhan infrakstruktur TIK semakin tinggi, semakin diperlukan oleh masyarakat," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Dijelaskan Jhonny, Kominfo menargetkan ada 83.548 desa dan kelurahan di Indonesia yang ditargetkan telah terhubung akses 4G pada tahun 2022 mendatang. 

"Kominfo bisa menyelesaikan dengan baik pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia pada tahun 2022, melengkapi seluruh 83.548 desa dan kelurahan di Indonesia dengan kehadiran signal 4G," papar Jhonny.

Baca juga: Rapat dengan Komisi I DPR, Menkominfo Jelaskan Perkembangan Layanan 5G di Indonesia

Ia menyampaikan kerja sama harus dibangun untuk dapat menjangkau wilayah sulit yang dijangkau oleh pemerintah.

"Bantuan sangat penting untuk kelancaran pembangunan insfrastruktur TIK di wilayah-wilayah yang sulit, di wilayah yang berat, di wilayah 3T yang harus menyeberangi lautan, selat, mendaki gunung, menuruni lembah, dan ngarai yang luar biasa besar tantangannya," tukasnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku siap mendukung program yang tengah dilakukan oleh Kemenkominfo.

"Kami siap dukung seluruh program Menkominfo dalam rangka membangun infrastruktur TIK sehingga segera bisa terwujud. Bisa segera memberi pelayanan bagi seluruh masyarakat, baik yang ada di wilayah jauh sehingga kemudian memiliki kemampuan yang sama, fasilitas sama, seperti masyarakat yang ada di wilayah perkotaan," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas