Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peneliti LIPI Imbau Semua Pihak Segera Hentikan Kekerasan di Papua

Konflik berkepanjangan, kata dia, telah menambah panjang daftar pelanggaran hak asasi manusia, memperbesar risiko disintegrasi, dan menghambat proses

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Peneliti LIPI Imbau Semua Pihak Segera Hentikan Kekerasan di Papua
Istimewa
Aktivitas masyarakat di Bandara Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (29/4/2021) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Klaster Riset Konflik, Pertahanan, dan Keamanan di Pusat Penelitian Politik LIPI Muhammad Haripin menyatakan pihaknya memgimbau seluruh pihak segera menghentikan kekerasan di Papua.

Konflik berkepanjangan, kata dia, telah menambah panjang daftar pelanggaran hak asasi manusia, memperbesar risiko disintegrasi, dan menghambat proses pembangunan di Papua.

Oleh karena itu, kata dia, pendekatan dialogis dan pembangunan rasa saling percaya atau trust building di antara semua pihak harus selalu dikedepankan.




Menurutnya karena langkah tersebut merupakan solusi terbaik bagi pemenuhan cita-cita perdamaian, kemanusiaan, serta kesejahteraan di Papua.

Hal tersebut disampaikannya ketika membacakan poin keempat pernyataan pers pihaknya berjudul "Menanti Perdamaian di Papua: Urgensi Penghentian Kekerasan" untuk menyikapi perkembangan situasi keamanan di Papua belakangan ini. 

"Kami mengimbau semua pihak untuk segera menghentikan tindak kekerasan dalam bentuk apapun di Papua," kata Haripin secara virtual pada Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Polri Belum Turunkan Densus 88 ke Papua

Klaster Riset Konflik, Pertahanan, dan Keamanan terdiri atas peneliti di Pusat Penelitian Politik LIPI yang setiap hari bergelut dengan isu-isu pertahanan dan keamanan.

BERITA TERKAIT

Peneliti dalam klaster tersebut terdiri dari berbagai macam latar belakang di antaranya studi ilmu politik, ilmu hubungan internasional, studi resolusi konflik, dan sebagainya.

"Kami sebagai kelompok kecil sebetulnya di P2P LIPI merasa ada kebutuhan untuk menyatakan sikap kami sebagai peneliti, sebagai bagian dari komunitas epistemik terkait perkembangan di Papua," kata Haripin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas