Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Israel Serang Jalur Gaza

Besok, Buruh Bakal Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina, KSPI Klaim Sudah Kantongi Izin Kepolisian

Said Iqbal mengklaim pihaknya sudah mengantongi surat perizinan untuk menggelar demo terkait aksi solidaritas Palestina oleh para buruh.

Besok, Buruh Bakal Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina, KSPI Klaim Sudah Kantongi Izin Kepolisian
IST
Ratusan ribu warga Kota London menggelar aksi unjuk rasa bela Palestina di depan kantor kedutaan besar Israel di London, Inggris, Sabtu (15/5/2021). Aksi tersebut merupakan bentuk simpati atas serangkaian serangan brutal Israel terhadap Palestina enam hari terakhir. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengklaim pihaknya sudah mengantongi surat perizinan untuk menggelar demo terkait aksi solidaritas Palestina oleh para buruh.

"Iya (sudah dapat izin). Pemberitahuan aksi KSPI sudah diserahkan ke kepolisian," ujar Said Iqbal, ketika dihubungi Tribunnews.com, Senin (17/5/2021).

Said Iqbal mengatakan aksi solidaritas Palestina ini digelar serentak di seluruh Indonesia, tepatnya 24 provinsi, diikuti ribuan buruh, dan digelar Selasa (18/5) besok.

Namun khusus untuk wilayah DKI Jakarta, Said Iqbal menyebut demo akan diikuti ratusan buruh saja.
Nantinya aksi itu akan difokuskan pada dua tempat, yakni Kantor PBB dan Kedubes Amerika.

Sejumlah massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Islam Jakarta melakukan unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, di Jakarta, Rabu (12/5/2021). Pengunjukrasa membawa bendera Palestina dan menyerukan kepada pemerintah Amerika Serikat memberikan tekanan kepada Israel agar menghentikan kekerasan. Pemerintah Indonesia sendiri sudah menyatakan kecaman terhadap keputusan pengadilan Israel yang memerintahkan pengusiran paksa enam keluarga Palestina dari tempat tinggal mereka di kawasan Syekh Jarrah, Yerusalem Timur. Serta mengecam kekerasan yang dilakukan aparat keamanan Israel terhadap warga sipil Palestina yang terjadi dalam sejumlah bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Sejumlah massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Islam Jakarta melakukan unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, di Jakarta, Rabu (12/5/2021). Pengunjukrasa membawa bendera Palestina dan menyerukan kepada pemerintah Amerika Serikat memberikan tekanan kepada Israel agar menghentikan kekerasan. Pemerintah Indonesia sendiri sudah menyatakan kecaman terhadap keputusan pengadilan Israel yang memerintahkan pengusiran paksa enam keluarga Palestina dari tempat tinggal mereka di kawasan Syekh Jarrah, Yerusalem Timur. Serta mengecam kekerasan yang dilakukan aparat keamanan Israel terhadap warga sipil Palestina yang terjadi dalam sejumlah bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

"Di Jakarta aksi 'labour solidarity' ini diikuti sekitar ratusan buruh yang dipusatkan di Kantor PBB dan Kedubes Amerika. Aksi labour solidarity KSPI adalah bagian dari aksi buruh seluruh dunia yang menjadi anggota konfederasi serikat buruh sedunia ITUC," jelasnya.

Adapun tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi solidaritas Palestina itu adalah agar Israel menghentikan kekerasan dan agresi militer ke Palestina hingga memberikan kemerdekaan kepada Palestina.

"Dengan tuntutan stop kekerasan dan agresi militer Israel ke Palestina, tarik mundur tentara dan polisi Israel dari Masjid Al Aqsa Yerusalem, dan beri kemerdekaan Palestina karena kemerdekaan adalah hak setiap bangsa," pungkasnya.

Baca juga: Di Amerika Warga Boleh Lepas Masker Jika Vaksinasi Covid-19 Lengkap, Kenapa di Indonesia Tidak?

Besok, Ribuan Buruh Akan Gelar Aksi Solidaritas Palestina, Peserta dari 24 Provinsi

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) membenarkan bahwa ribuan buruh akan menggelar aksi solidaritas bagi Palestina terkait tindakan kekerasan yang dilakukan Israel.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas