Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peningkatan Kewaspadaan Harus Dilakukan Antisipasi Potensi Peningkatan Kasus Covid-19

Peningkatkan kewaspadaan harus segera dilakukan karena masyarakat sudah masuk pada fase kelelahan menghadapi dampak Covid-19.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Peningkatan Kewaspadaan Harus Dilakukan Antisipasi Potensi Peningkatan Kasus Covid-19
Ist
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peningkatkan kewaspadaan harus segera dilakukan karena masyarakat sudah masuk pada fase kelelahan menghadapi dampak Covid-19.

Sementara pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda berakhir.

"Para pemangku kepentingan harus segera mengantisipasi potensi peningkatan kasus positif Covid-19 pasca-Lebaran. Karena meski aturan pembatasan diberlakukan, masih terjadi mobilitas manusia antar daerah," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, saat membuka diskusi daring bertema "Antisipasi Gelombang Baru Covid-19" yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 pada Rabu (19/5/2021).

Diskusi dimoderatori Dr. Atang Irawan, S.H., M.Hum (Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI Koordinator Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah).

Hadir sebagai pembicara Felly Estelita Runtuwene, S.E (Ketua Komisi IX DPR RI Periode 2019 - 2024), Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama (Guru Besar FKUI - Direktur WHO SEARO 2018-2020), Dr. Windhu Purnomo (Biostatistik dan Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga), dan Dr. Ivan Virnanda Amu, M.Kes, Sp.PD (Dosen Program Studi Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo/Tim Penanganan Covid Gorontalo).

Selain itu juga menghadirkan Wahyu Dhyatmika (Editor In Chief Majalah Tempo) dan Arief Suditomo (Direktur Pemberitaan Metro TV) sebagai penanggap.

Baca juga: Masyarakat Acap Abaikan Prokes, Epidemiolog Prediksi Kenaikan Kasus Covid-19 Capai 100 Ribu Per Hari

Lestari sangat berharap para pemangku kepentingan di daerah dapat melaporkan kondisi sebaran kasus positif Covid-19 dengan data yang akurat di daerahnya.

BERITA TERKAIT

Rerie, sapaan akrab Lestari meminta, pemangku kepentingan di daerah jangan hanya mengejar agar wilayahnya masuk zona hijau atau kuning demi bisa melakukan aktivitas ekonomi.

Lebih dari itu, tambah Rerie, para pemangku kepentingan diharapkan benar-benar melakukan tracing, testing dan treatments (3T) untuk mengetahui kondisi penyebaran Covid-19 di daerah secara akurat.

Karena itu, jelas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, upaya komunikasi dan sosialisasi terkait Covid-19 harus ditingkatkan agar para pemangku kepentingan dan masyarakat lebih memahami risiko yang dihadapi.

Pemahaman bahwa menjaga diri, keluarga dan lingkungan dari penularan virus korona, sama dengan menjaga bangsa ini dari ancaman pandemi, menurut Rerie, bisa memperkuat upaya pengendalian Covid-19 di tanah air.

Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene mengungkapkan, untuk mengetahui persiapan pemerintah dalam mengantisipasi potensi ledakan kasus positif Covid-19 pasca-Lebaran, pihaknya akan memanggil Menteri Kesehatan dan Satgas Covid-19 dalam waktu dekat ini.

Komisi IX DPR RI, menurut Felly, secara aktif akan mengawal sejumlah kebijakan pemerintah dalam pengendalian Covid-19 di tanah air.

Felly berharap, sosialisasi terkait upaya pengendalian dan risiko penyebaran virus korona di tanah air terus ditingkatkan, agar pemahaman masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19 bisa lebih baik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas