Tribun

Sekda Papua Paparkan Sejumlah Masalah Otsus di Hadapan Pimpinan MPR for Papua

MPR for Papua menggelar audiensi dengan sejumlah pejabat Sekretariat Daerah Provinsi Papua dan Majelis Rakyat Papua Barat.

Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
Sekda Papua Paparkan Sejumlah Masalah Otsus di Hadapan Pimpinan MPR for Papua
Tribunnews.com, Chaerul Umam
MPR for Papua menggelar audiensi dengan sejumlah pejabat┬áSekretariat Daerah Provinsi Papua, Kamis (20/5/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - MPR for Papua menggelar audiensi dengan sejumlah pejabat Sekretariat Daerah Provinsi Papua dan Majelis Rakyat Papua Barat.

Pertemuan yang digelar di Ruang GBHN, Gedung Nusantara V Kompleks MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Kamis (20/5/2021), dipimpin langsung oleh Ketua MPR for Papua Yorrys Raweyai.

Sementara itu, pejabat Sekretariat Daerah Provinsi Papua yang hadir yaitu Sekretaris Daerah Papua Dance Flassy, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Umum Doren Wakerkwa, dan  Asisten Sekda Bid. Perekonomian dan Kesra Mohammad Musa’ad.

Dalam rapat audiensi itu, Sekda Papua Dance Flassy memaparkan sejumlah permasalahan dari kebijakan Otonomi Khusus di Papua.

Dance menyebut, indeks penurunan kemiskinan meningkat. Namun provinsi Papua berada di titik paling rendah dibandingkan provinsi lainnya.

Lalu masih ada sebagian masyarakat yang belum tersentuh pembangunan dan belum menjadi pelaku ekonomi di tanahnya sendiri.

"Walaupun sudah diupayakan melalui program ekonomi kerakyatan. Tingkat pendapatan masyarakat, khususnya Orang Asli Papua (OAP) yang berada di kampung-kampung, sehingga migran ke kota masih rendah," kata Dance.

Selain itu, masyarakat orang asli Papua belum banyak mendapatkan peluang sebagai pelaku bisnis, walaupun sudah ada instrumen yang sudah disiapkan pemerintah yang dirintis.

"Kemenangan pemprov Papua dalam pelaksanaan otonomi khusus Papua belum optimal," ujarnya.

Permasalahan lainnya, lanjut Dance, pendidikan dan kesehatan belum optimal karena kondisi geografi Papua.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas