Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Mulai Juni, Pemerintah Targetkan Vaksinasi 1 Juta Dosis Per Hari

Kementerian Kesehatan menargetkan percepatan vaksinasi Covid-19, dengan menargetkan vaksinasi satu juta dosis perhari mulai Juni

Mulai Juni, Pemerintah Targetkan Vaksinasi 1 Juta Dosis Per Hari
Tribunnews/Herudin
Warga menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum vaksinasi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pinang Ranti 02 Pagi, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Kamis (20/5/2021). Vaksinasi tahap ketiga sudah dimulai di Jakarta menyasar 445 RW kumuh sesuai Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 90 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu dan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Persiapan Penyelenggaraan Vaksinasi Covid-19. Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kesehatan menargetkan percepatan vaksinasi Covid-19, dengan menargetkan vaksinasi satu juta dosis perhari mulai Juni mendatang.

"Kita kejar vaksinasi ini. Sampai awal Juni kita sudah harus di atas 1 juta dosis per hari. Kalau tidak 1 juta dosis per hari, kita akan lewat satu tahun," kata Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu, Rabu (19/5/2021).

Maxi mengatakan sejauh ini pemberian vaksin dosis pertama sebesar 13 juta lebih. Sementara vaksinasi dosis kedua sebanyak 9 juta lebih.

Total vaksinasi dosis pertama dan kedua, kata Maxi, sudah mendekati 23 juta lebih dosis.

"Persentase sasaran 181 juta yang divaksin memang baru sekitar 8 persen. Tapi progres ini sangat tergantung kesediaan vaksin," ucap Maxi.

Menurutnya, vaksin yang datang bulan Januari sampai Juni sekitar 45 juta. Sementara untuk Juli hingga Desember, sasarannya sebanyak 140 juta dosis vaksin.

Warga menjalani vaksinasi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pinang Ranti 02 Pagi, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Kamis (20/5/2021). Vaksinasi tahap ketiga sudah dimulai di Jakarta menyasar 445 RW kumuh sesuai Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 90 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu dan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Persiapan Penyelenggaraan Vaksinasi Covid-19. Tribunnews/Herudin
Warga menjalani vaksinasi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pinang Ranti 02 Pagi, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Kamis (20/5/2021). Vaksinasi tahap ketiga sudah dimulai di Jakarta menyasar 445 RW kumuh sesuai Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 90 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu dan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Persiapan Penyelenggaraan Vaksinasi Covid-19. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

"Kalau menurut saya, ini seperti masih latihan kita. Nanti di bulan Juli sampai Desember yang betul-betul kita minta dukungan semua, di samping pemerintah daerah juga swasta termasuk TNI-Polri," kata Maxi.

30 Juta Dosis

Baca juga: Vaksinasi Gotong Royong Dimulai, Bio Farma Telah Distribusikan 69.730 Dosis Vaksin Sinopharm

Sementara itu, Direktur Utama PT Biofarma (Persero) Honesti Basyir mengatakan, Biofarma telah mendistribusikan 30 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Indonesia hingga 18 Mei 2021.

Dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi IX DPR di Gedung DPR. Honesti memaparkan perinciannya bahwa 29,9 juta sudah didistribusikan ke provinsi dan kabupaten yang di Indonesia.

Halaman
123
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas