Tribun

Mutasi TNI

Daftar Rotasi Jabatan Strategis di TNI Selain Pangkostrad dan Pangdam Jaya

Gerbong rotasi kali ini mengangkut sejumlah pejabat di jabatan strategis di TNI AD.

Editor: Malvyandie Haryadi
Daftar Rotasi Jabatan Strategis di TNI Selain Pangkostrad dan Pangdam Jaya
Puspen TNI
logo mabes tni 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan rotasi sejumlah perwira tinggi (pati). Total ada 80 yang tersebar di tiga matra yakni TNI AD, TNI AU dan TNI AL.

Rotasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/435/V/2021tanggal25 Mei2021. Tercatat, ada 46 perwira tinggi TNI AD, 15 perwira tinggi TNI dan 19 perwira tinggi TNI AU yang dirotasi.

Gerbong rotasi kali ini mengangkut sejumlah pejabat di jabatan strategis di TNI AD.

Ada nama Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurrahman. Mayjen Dudung diangkat dalam jabatan baru sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Sementara Letjen TNI Eko Margiyono dari Pangkostrad menjadi Kasum TNI. Ia menggantikan Letjen Ganip yang diangkat menjadi Kepala BNPB.

Selain itu, Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko yang sebelumnya menjabat Asintel (asisten intelijen) KSAD menjadi Danpusterad. Ia akan menyandang pangkat Letnan Jenderal TNI.

Pejabat sebelumnya, Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi digeser menjadi Koordinator Staf Ahli KSAD.

Peluang jadi KSAD

Terkait promosi Mayjen Dudung jadi Pangkostrad, Pengamat Militer, Aris Santoso, mengatakan Dudung bakal meramaikan bursa calon KSAD berikutnya.

"Sepertinya ini promosinya akan dipercepat dengan asumsi katakanlah KSAD Jenderal Andika sekarang akan disiapkan sebagai Panglima TNI. Pak Dudung calon terkuat (KSAD)," ujar Aris Santoso dalam dialog dengan Kompas TV,  Rabu (26/5/2021).

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas