Tribun

Pilpres 2024

PDIP Jabarkan Peluang Kolaborasi dengan Sejumlah Partai di 2024 

Hasto Kristiyanto bicara skenario partainya untuk berkoalisi dengan partai politik lain di pemilihan presiden 2024.

Penulis: chaerul umam
Editor: Theresia Felisiani
PDIP Jabarkan Peluang Kolaborasi dengan Sejumlah Partai di 2024 
Ist
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto 

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA – Meskipun pemilihan presiden masih lama yaitu 2024, dinamikanya sudah mulai berdenyut.

Setelah heboh persaingan di internal PDIP antara Ketua DPR Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kini mulai marak pernyataan petinggi partai untuk saling melirik.

Setelah Sekjen Partai Gerindra blak-blakan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berpeluang diusung sebagai calon presiden 2024 berkoalisi dengan PDIP, kini giliran Sekjen PDIP memberikan jawaban.

Hasto mengakui, memang ada hubungan baik antara Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan dalam diskusi daring bertajuk 'Membaca Dinamika Partai dan Soliditas Koalisi Menuju 2024', yang digelar Para Syndicate, Jumat (28/5).

"Pernyataan dari Mas Muzani karena memang melihat bagaimana kedekatan hubungan Pak Prabowo dengan Ibu Megawati," kata Hasto.

Baca juga: Andi Arief Sebut Demokrat Bakal Rugi Jika Berkoalisi dengan PDIP di Pilpres 2024

Hasto menyebut, kedekatan Megawati dan Prabowo selain karena kesamaan ideologi, juga faktor kedekatan basis massa dan kedekatan kultural.

Hal itu bakal menjadi pertimbangan PDIP untuk nantinya apakah bakal berkoalisi dengan Gerindra.

"Karena selain aspek ideologi, faktor kedekatan kuktural, kedekatan organisasi, kedekatan basis massa, kedekatan dari aspek strategi untuk memperluas basis massa itu juga akan menjadi pertimbangan," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani berbicara peluang partainya berkoalisi dengan PDIP di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas