Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soal Video Tak Usah Ikut Nyanyikan Lagu Indonesia Raya, Ini Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah

Ustaz Khalid Basalamah akhirnya memberikan penjelasan terkait potongan video ceramahnya yang disebut melarang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Ra

Penulis: Daryono
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Soal Video Tak Usah Ikut Nyanyikan Lagu Indonesia Raya, Ini Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah
YouTube/Khalid Basalamah Official
Khalid Basalamah - Ustaz Khalid Basalamah memberikan penjelasan soal video ceramahnya yang menyebut tidak usah ikut menyanyikan Lagu Indonesia Raya. 

TRIBUNNEWS.COM - Ustaz Khalid Basalamah akhirnya memberikan penjelasan terkait potongan video ceramahnya yang disebut melarang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Diketahui, potongan video ceramah Khalid Basalamah beredar di media sosial.

Dalam video itu, Khalid Basalamah menjawab pertanyaan seorang jamaah soal lagu Indonesia Raya di sekolah.

"Di sekolah ana tiap pagi ada waktu menyanyi lagu kebangsaan. Apa yang harus anak lakukan soalnya kalau ana tidak lakukan ana ditegur guru," kata Khalid Basalamah membacakan pertanyaan dari seorang jamaah. 

Menjawab pertanyan itu, Khalid Basalamah menyarankan untuk tidak ikut. 

"Tak usah ikut. Saran saya nggak usah ikut," katanya. 

Baca juga: Keutamaan Puasa Sunah Senin Kamis Menurut Ustaz Khalid Basalamah Beserta Bacaan Niatnya

Atas beredarnya potongan video, Khalid Basalamah akhirnya memberi penjelasan melalui video yang ia unggah di akun instagramnya @khalidbasalamahofficial, Jumat (29/5/2021). 

BERITA REKOMENDASI

Dalam penjelasannya, Khalid Basalamah mengatakan video yang beredar itu merupakan video ceramahnya di sebuah masjid di Jatinegara, Jakarta Timur pada 2017. 

"Saya Khalid Basalamah ingin melurukan, ada cuplikan pada tahun 2017 dulu, ada seseorang yang bertanya kepada saya di salah satu masjid di Jatinegara tentang masalah di sekolah anak. Bapak bertanya ini, itu ada perintah untuk menyanyi Indonesia Raya," ujarnya. 

Atas pertanyaan itu, Khalid menganggap si penanya dalam posisi terbebani dan tidak ingin ikut dan khawatir ditegur oleh guru. 

Karena itu, Khalid menyarankan si penanya untuk tidak ikut. 

Khalid mengatakan ia membahas soal keluhan dari si penanya, bukan soal lagu Indonesia Raya. 

"Sesuai dengan pertanyaan itu, maka saya menjawab pada saat itu, tidak usah anda ikut, dalam arti kata, dia sendiri merasa terbebani karena pada saat disuruh ikut. Saya sedang membahas tentang keluhan dia, ikut dia ataupun anaknya di sekolah. Jadi bukan tentang masalah syair dan lagu Indonesia Raya," bebernya. 

Khalid Basalamah melanjutkan, secara pribadi, ia mengakui lagu Indonesia Raya justru menjadi motivasi bagi warga Indonesia untuk berjuang. 

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas