Tribun

KPK Cecar Azis Syamsuddin Soal Pertemuan AKP Robin Dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial

KPK mendalami peran Azis Syamsuddin dalam memfasilitasi pertemuan eks penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Adi Suhendi
KPK Cecar Azis Syamsuddin Soal Pertemuan AKP Robin Dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Rabu (9/6/2021). Azis Syamsuddin diperiksa KPK selama 8 jam sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penghentian kasus yang menyeret penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dan Wali Kota Tanjung Balai M. Syahrial. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami peran Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dalam memfasilitasi pertemuan antara mantan penyidik lembaga antikorupsi, Stepanus Robin Pattuju dengan Wali Kota nonaktif Tanjungbalai M Syahrial.

Pertemuan yang digelar di rumah dinas Azis Syamsuddin pada Oktober 2020 itu diduga membahas penanganan perkara dugaan korupsi di Pemerintah Kota Tanjungbalai yang menyeret Syahrial.

Pendalaman mengenai hal itu dilakukan penyidik saat memeriksa Azis Syamsuddin sebagai saksi kasus dugaan suap penanganan perkara dugaan korupsi di Pemkot Tanjungbalai.

Selain soal perannya menjadi fasilitator, Azis Syamsuddin juga dicecar penyidik mengenai awal mula perkenalannya dengan Stepanus.

"Azis Syamsuddin, Wakil Ketua DPR RI, tim penyidik mengonfirmasi antara lain terkait dengan awal perkenalan saksi dengan tersangka SRP (Stepanus Robin Pattuju) dan dugaan memfasilitasi oleh saksi untuk dilakukannya pertemuan di rumah dinas jabatan Wakil Ketua DPR, antara tersangka SRP dengan tersangka MS (M. Syahrial)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Diperiksa KPK Hampir 9 Jam, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin Bungkam

Ali menyatakan, keterangan Azis dalam pemeriksaan hari ini telah dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

"Keterangan materi pemeriksaan selengkapnya telah tertuang dalam BAP saksi dan akan disampaikan di depan persidangan Tipikor," kata Ali.

Bungkam

Diketahui Azis Syamsuddin menjalani pemeriksaan di Gedung KPK hampir 9 jam.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas