Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kongres Persatuan Alumni GMNI

Jabatan Ketum PA GMNI Dinilai Cukup Strategis untuk Pilpres 2024: Bisa Jadi Alat Bargaining Politik

Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, pada 21-23 Juni 2021.

Jabatan Ketum PA GMNI Dinilai Cukup Strategis untuk Pilpres 2024: Bisa Jadi Alat Bargaining Politik
infokongres.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, pada 21-23 Juni 2021. Beberapa nama yang diisukan bakal menjadi calon ketua umum PA GMNI telah beredar di publik.

Terkait hal itu, pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta Ujang Komarudin menilai jabatan ketua umum PA GMNI terbilang cukup strategis untuk Pilpres 2024. Sebab dapat menjadi alat bargaining politik.

"Cukup strategis (jabatan ketua umum PA GMNI), karena bisa jadi alat bargaining politik dan dukungan," ujar Ujang, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Bambang Pacul, Arif Wibowo, Nanang Tyas dan Arief Hidayat Disebut-sebut Jadi Calon Ketum PA GMNI 

Menurutnya jabatan ketua umum PA GMNI ini tetap akan ramai untuk diperebutkan. Biasanya yang memperebutkannya, kata Ujang, adalah alumni GMNI yang sudah menjadi pejabat.

Karenanya, bagi kontestan Pilpres 2024 mendatang, GMNI sendiri salah satu yang patut diperhitungkan dukungannya.

Baca juga: Jelang Kongres IV PA GMNI di Bandung, PA GMNI Jateng Beberkan Kriteria Calon Ketua yang akan Diusung

"Paling tidak kan bagi kontestan Pilpres yang didukung oleh PA GMNI seolah-olah mendapatkan legitimasi dan didukung oleh seluruh alumni GMNI. Padahal di lapangan alumni GMNI memilih dengan pilihannya masing-masing, dan biasanya juga bermain di banyak kubu," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, pada 21-23 Juni 2021.

Berdasarkan perbincangan Tribunnews dengan sumber internal di Alumni GMNI, ada empat nama yang diisukan bakal menjadi calon Ketua Umum PA GMNI.

"Ada dua kandidat yang dianggap layak kalau dari DPR RI dari politisi PDIP Bambang Pacul dan Arif Wibowo," kata sumber tersebut kepada Tribunnews, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: DPP GMNI Instruksikan Kader Se-Indonesia Tolak Kebijakan Impor Pangan Pemerintah

Sementara, dua nama lainnya berasal dari kalangan intelektual, yakni Prof Arief Hidayat yang juga merupakan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dan Guru Besar ITB Prof Nanang Tyas Puspito.

"Kalau dari luar ada dua sosok, sosok intelektual guru besar ITB Prof Nanang Tyas dan hakim MK Arief Hidayat. Jadi dua profesor ini layak lah, itu menunjukkan alumni GMNI bukan abal-abal," ujarnya.

Sebagai informasi, Kongres IV PA GMNI di Bandung mengambil tema "Nasionalisme Menjawab Tantangan Zaman".

Adapun kongres akan dilaksanakan dengan sistem hybrid dan akan diikuti oleh 34 pengurus DPD dan ratusan pengurus PDC PA GMNI serta unsur pimpinan nasional PA GMNI yang akan hadir secara offline dan online.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas