Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Ketua Satgas Covid-19 Pastikan Kesiapan RS Antisipasi Lonjakan dari Bangkalan dan Repatriasi PMI 

Ganip meninjau kesiapan seluruh tim, sarana prasarana dalam mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Bangkalan, Madura dan repatriasi PMI.

Ketua Satgas Covid-19 Pastikan Kesiapan RS Antisipasi Lonjakan dari Bangkalan dan Repatriasi PMI 
BNPB
Ketua Satgas Penangan Covid-19, Letnan Jenderal Ganip Warsito 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito meninjau Rumah Sakit (RS) Lapangan Kogabwilhan II Indrapura, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/6/2021).

Ganip meninjau kesiapan seluruh tim, sarana dan prasarana dalam mengantisipasi adanya lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di wilayah Surabaya, khususnya dari Kabupaten Bangkalan, Madura dan repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Untuk memastikan kesiapan RS Lapangan ini dalam menghadapi lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Jawa Timur khususnya Surabaya akibat dari kejadian atau lonjakan yang terjadi di Bangkalan,” ujar Ganip melalui keterangan tertulis, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Wamenkes: Bantuan Nakes & Faskes di Kudus dan Bangkalan Diperlukan untuk Atasi Lonjakan Covid-19

Menurut Ganip, bentuk antisipasi yang lain juga telah dilakukan dengan berbagai upaya. 

Mulai dari langkah medis dan penyekatan wilayah dengan menerjunkan tim lintas sektor bersama unsur relawan, TNI dan Polri di lapangan.

Selain itu, pelibatan pemuka agama maupun tokoh-tokoh masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan COVID-19.

“Langkah-langkah yang bersifat medis, lapangan untuk pembatasan dan pendekatan dengan tokoh masyarakat untuk bisa sama-sama menekan COVID-19,” kata Ganip.

Baca juga: Polda Jatim Kerahkan Pasukan di Zona Merah Bangkalan untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Dalam hal ini, Ganip mengatakan bahwa pandemi COVID-19 tidak hanya mengenai permasalahan kesehatan saja, akan tetapi juga menyangkut berbagai aspek mulai sosial, ekonomi, politik, hukum dan keamanan.

Sehingga, menurut Ganip perlu adanya konsep kebersamaan dalam pengendalian COVID-19 mulai dari komponen pusat, daerah hingga masyarakat.

“Saya setuju bahwa COVID-19 bukan hanya masalah kesehatan saja, tapi juga menyangkut masalah sosial, ekonomi dan lainnya," ucap Ganip.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas