Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kemlu Manfaatkan Teknologi Digital Dalam Upaya Diplomasi Konflik Palestina-Israel

Abdul Kadir Jaelani menegaskan, bahwa mesin diplomasi Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina berjalan dengan responsif.

Kemlu Manfaatkan Teknologi Digital Dalam Upaya Diplomasi Konflik Palestina-Israel
Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda
Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Abdul Kadir Jaelani saat berbincang dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, Sabtu (19/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Abdul Kadir Jaelani menegaskan, bahwa mesin diplomasi Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina berjalan dengan responsif.

Hal tersebut bisa dilihat, kata Abdul, saat krisis yang terjadi di Tepi Barat dan Gaza antara Palestina dan Israel beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Abdul Kadir Jaelani saat berbincang dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, Sabtu (19/6/2021).

"Mesin diplomasi kita sudah cukup responsif sehingga ketika terjadi krisis di Palestina di Tepi Barat dan Gaza, kita langsung menggunakan mesin diplomasi yang ada," kata Abdul Kadir.

"Kita berkoordinasi untuk merumuskan sikap Indonesia terhadap apa yang terjadi, langkah awal yang perlu kita lakukan saat itu, kita tekankan bagaimana faktanya, kita memanfaatkan Dubes kita," tambahnya.

Baca juga: Otoritas Palestina Batalkan Pertukaran Vaksin dengan Israel

Selain itu, Abdul juga mengatakan, bahwa diplomasi saat ini sangat dipengaruhi dunia digital.

Sehingga, pihaknya sangat memanfaatkan teknologi digital.  Termasuk apliakasi pesan singkat Whatsapp. Yakni, dalam menggali informasi awal soal konflik yang terjadi.

"Itu merupakan sumber informasi dalam diplomasi bahkan di level tinggi," jelasnya.

"Ibu Menlu secara khusus melakukan komunikasi dengan mitra kerjanya dan Kita Kemlu memberikan informasi, menyiapkan point-point apa yang hendak disampaikan," jelasnya.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas