Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soal 'The King Of Lip Service', Jokowi: Dulu Ada yang Bilang Juga Saya itu 'Plonga-plongo'

Ia menanggapi santai kritik tentang king of lip service itu. Jokowi tampak melepas senyum saat ditanya wartawan soal kritik itu.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Soal 'The King Of Lip Service', Jokowi: Dulu Ada yang Bilang Juga Saya itu 'Plonga-plongo'
Foto: Sekretariat Presiden
Joko Widodo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aksi kritik BEM UI bertajuk Jokowi 'The King Of Lip Service' di media sosial berbuntut panjang. Pihak kampus UI mempermasalahkan unggahan itu dan kemudian melakukan pemanggilan terhadap sejumlah mahasiswa.

Kasus ini bermula saat keresahan BEM UI dituangkan lewat unggahan mereka di media sosial Twitter, Sabtu (26/5/2021).

Unggahan itu menampilkan foto Jokowi berdiri di sebuah mimbar, mengenakan tahta raja, dan latar belakangan bibir, disertai keterangan King of Lip Service.




Pemanggilan terhadap BEM kemudian dilayangkan rektorat lewat surat nomor: 915/UN2.RI.KMHS/PDP.00.04.00/2021 yang bersifat penting dan segera.

Baca juga: BEM UI Unggah The King of Lip Service, Curhat Jokowi Dibilang Otoriter Sampai Bapak Bipang

Pertemuan dilakukan di ruang rapat Ditmawa lantai 1, Minggu (27/6) pukul 15.00 WIB. Pihak kampus UI juga sempat meminta agar unggahan itu dihapus, namun BEM UI menolak menghapus unggahan tersebut.

Aksi pihak rektorat UI itu jadi sorotan, bukan saja dinilai tak tepat, namun juga berlebihan. Presiden Jokowi sendiri akhirnya merespons kritik yang dilontarkan oleh BEM UI itu.

Ia menanggapi santai kritik tentang king of lip service itu. Jokowi tampak melepas senyum saat ditanya wartawan soal kritik itu.

BERITA TERKAIT

Kepada awak media, Jokowi mengaku sudah terbiasa dikritik. Ia menilai sebutan king of lip service sama seperti julukan plonga-plongo, klemar-klemer, otoriter, bapak bipang, dan sederet label lain yang pernah ia terima.

Baca juga: Jokowi The King of Lip Service: Pengamat Hingga Politisi Tanggapi Sikap Rektor UI, Jangan Lebai

”Ya, itu kan sudah sejak lama ya. Dulu ada yang bilang saya ini klemar-klemer, ada yang bilang juga saya itu plonga-plongo, kemudian ganti lagi ada yang bilang saya ini otoriter," kata Jokowi dalam rekaman video yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/6/2021).

Tidak hanya itu, Jokowi juga ingat beberapa waktu lalu sempat mendapat julukan 'Bapak Bipang'.

Presiden Jokowi dan Ketua BEM UI, Leon Alvinda Putra
Presiden Jokowi dan Ketua BEM UI, Leon Alvinda Putra (kolase tribunnews)

Julukan itu buntut dari ajakan Jokowi yang mengajak masyarakat untuk membeli Bipang Ambawang dalam momen Hari Raya Idulfitri.

Sejumlah pihak menilai pernyataan Jokowi kala itu tidak elok. Sebab, Bipang merupakan singkatan dari babi panggang, makanan khas Ambawang, Pontianak, Kalimantan Barat.

"Kemudian ada juga yang ngomong saya ini bebek lumpuh, dan baru-baru ini ada yang ngomong saya ini Bapak Bipang, dan terakhir ada yang menyampaikan mengenai The King of Lip Service," tuturnya.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Jokowi Pernah Disebut Planga-plongo, Bapak Bipang hingga The King of Lip Service

Jokowi mengaku tidak mempermasalahkan sejumlah julukan itu. Terkait julukan The King of Lip Service, ia menilai hal itu merupakan bentuk kebebasan berekspresi mahasiswa dalam negara demokrasi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas