Tribun

Virus Corona

Guru Besar FKUI Imbau Semua Pihak Lakukan Gerakan Semesta Tenaga Kesehatan Indonesia

Hal itu didasari karena pihaknya merasa sangat prihatin dengan situasi para tenaga kesehatan di masa pandemi saat ini.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Hasanudin Aco
Guru Besar FKUI Imbau Semua Pihak Lakukan Gerakan Semesta Tenaga Kesehatan Indonesia
Tribunnews/Jeprima
Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 yang dilakukan secara door to door di kawasan Gongseng, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (14/7/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dengan menggelar vaksinasi Covid-19 serentak secara?door to door kepada warga di 14 provinsi dan menyasar 19.000 warga mulai hari ini. Metode jemput bola seperti ini telah mampu meningkatkan partisipasi vaksinasi karena dapat menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses dan yang takut keluar rumah untuk menghindari tertular Covid-19. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jajaran Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) memberikan rekomendasi Gerakan Semesta Tenaga Kesehatan Indonesia pada masa Darurat Covid-19.

Hal itu didasari karena pihaknya merasa sangat prihatin dengan situasi para tenaga kesehatan di masa pandemi saat ini.

"Kami para guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sangat prihatin dengan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia seperti saat ini," tulis seruan dalam surat edaran FKUI yang ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo yang dilihat Tribunnewscom, Rabu (14/7/2021).

Atas dasar itu, pihak FKUI mengimbau kepada seluruh stakeholder mulai dari nakes, pemerintah hingga masyarakat untuk melaksanakan rekomendasinya itu.

Baca juga: Kasus Covid-19 Pecah Rekor Lagi, Luhut Ungkap Upaya Pemerintah Jalankan Skenario Terburuk

Tak cukup disitu, FKUI juga meminta pemerintah untuk sedianya memberikan dukungan kepada tenaga kesehatan untuk penanganan pandemi Covid-19.

Dukungan tersebut dirasa perlu sebagai penghargaan mengingat peran tenaga kesehatan yang sangat penting sebagai garda terakhir dalam penyelamatan penangan pandemi Covid-19 ini.

"Sebagai penghargaan bagi tenaga kesehatan yang telah bekerja keras selama pandemi Covid-19 ini," katanya.

"Kami mengimbau kepada pemerintah untuk memberikan dukungan penuh kepada tenaga kesehatan maupun masyarakat dalam penanganan pandemi Covid-19," sambung pernyataan dalam surat itu.

Atas imbauan itu, FKUI mengajak tenaga kesehatan lintas profesi untuk turut membantu program pelayanan Covid-19.

Nantinya, Satgas Covid-19 yang akan mengkoordinasi tenaga kesehatan yang turut membantu berdasarkan kompetensi bidangnya masing-masing ini.

Adapun tenaga kesehatan lintas profesi yang berperan serta dalam Gerakan Semesta Tenaga Kesehatan Indonesia ini mulai dari Dokter, Perawat, Mahasiswa Profesi Kedokteran dan Keperawatan hingga Tenaga Kesehatan Lain.

Di akhir, pihak Guru Besar FKUI menyatakan, peran serta dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah ini sebagai bagian dari support system dalam penanganan pandemi.

Masyarakat juga harus berkontribusi dalam penanganan pandemi ini, dengan menerapkan 6M, 3T dan melaksanakan vaksinasi.

"Tenaga kesehatan tidak mampu bekerja sendiri menyukseskan program-program itu, tenaga kesehatan adalah garda terakhir penanganan Covid-19. Sedangkan garda terdepannya adalah masyarakat," tutupnya.

Sebagai informasi, surat ini ditandatangani oleh sebanyak 89 nama Guru Besar FKUI di Jakarta, 12 Juli 2021 yang ditujukan untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas