Tribun

Berikut Sejumlah Wilayah di Indonesia yang Berpotensi Banjir, Besok 19 Juli 2021

Wilayah-wilayah yang berstatus waspada banjir dapat dipantau pada tautan berikut ini http://bit.ly/DiseminasiPD_19Juli2021.

Editor: Hasanudin Aco
Berikut Sejumlah Wilayah di Indonesia yang Berpotensi Banjir, Besok 19 Juli 2021
BPBD Sintang
Kondisi banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Kamis (15/7/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga di beberapa wilayah nusantara waspada terhadap potensi bahaya banjir pada esok hari, Senin (19/7/2021).

"Wilayah berpotensi tersebut berdasarkan analisis inaRISK dan analisis data impact based forecast dari BMKG," ujar Abdul Muhari, Ph.D, Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangannya, Minggu (18/7/2021).

Direktorat Peringatan Dini BNPB mengidentifikasi sejumlah wilayah dengan status ‘waspada’ banjir di wilayah administrasi kabupaten dan kota hingga kecamatan.

Wilayah-wilayah yang berstatus waspada banjir dapat dipantau pada tautan berikut ini http://bit.ly/DiseminasiPD_19Juli2021.

Baca juga: 2.355 Jiwa Terdampak Banjir di Dua Kecamatan Wilayah Kabupaten Pohuwato Gorontalo

Dari analisis yang dilakukan, BNPB menginformasikan seperti Kabupaten Bogor, Ciamis, Cianjur, Tasikmalaya, Kota Bogor dan Pangandaran di Provinsi Jawa Barat berstatus waspada banjir.

Selanjutnya Cilacap dan Banyumas di Provinsi Jawa Tengah dan Donggala di Sulawesi Tengah, berada pada status sama.

Sejumlah wilayah tersebut termasuk daerah dengan catatan historis banjir tertinggi berdasarkan Data dan Informasi Bencana Indonesia (DIBI).

Sementara itu, BNPB meminta pemerintah daerah yang telah teridentifikasi untuk mengambil langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan.

Pertama, memantau kondisi terkini lapangan dan menyebarkan informasi peringatan (curah hujan, tinggi muka air) dan potensi wilayah terdampak. Kedua, koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait dalam penyiapan tim siaga bencana dan sumberdaya.

Ketiga, mengidentifikasi tempat pengungsian termasuk infrastruktur pengungsian sesuai protokol kesehatan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas