Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Idul Adha 2021

Polri Sebut Tak Ada Pengamanan Khusus Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha

Kepolisian memastikan ta ada pengamanan khusus terkait pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dalam hari raya Idul Adha 1442 H/2021 M.

Polri Sebut Tak Ada Pengamanan Khusus Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha
WARTAKOTA/Henry Lopulalan
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono (kanan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepolisian RI memastikan tidak ada pengamanan khusus mengenai pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dalam hari raya Idul Adha 1442 H/2021 M.

Ia menuturkan pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan surat edaran yang terkait tata cara pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi Covid-19.

"Kan sudah ada surat edaran Kemenag dan imbauan dari pemerintah daerah seperti DKI," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono kepada wartawan, Selasa (20/7/2021).

Baca juga: Idul Adha 1442 H, AHY: Semoga Kurban Kita Sampai pada Mereka yang Berhak

Argo menerangkan pihak kepolisian juga telah memberikan instruksi kepada jajarannya di tingkat Bhabinkamtibmas untuk sosialisasikan kebijakan pemerintah tersebut.

"Bersama-sama di tingkat PPKM, ada Babin, Babinsa dan Kades dikomunikasikan dengan masyarakat setempat. Semoga mereka memahami," pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan melarang masyarakat menonton prosesi penyembelihan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1442 H/2021 M. Hal ini mencegah kerumunan yang berujung penularan Covid-19.

Baca juga: Masjid Nurul Huda di Jaksel Lakukan Penyembelihan Hewan Kurban, Warga Diminta Tunggu di Rumah

Stafsus Menteri Agama Bidang Kerukunan Umat Beragama Ishfah Abidal Aziz mengatakan proses penyembelihan hewan kurban nantinya hanya boleh dilihat oleh saksi dari pihak yang memberikan hewan kurban.

"Proses penyembelihan tidak diperbolehkan melibatkan banyak orang. Cukup yang melaksanakan penyembelihan dan pihak yang melaksanakan kurban dari yang kurban atau saksi dari pihak kurban. Cukup seperti itu. Jadi tidak bisa terjadi kerumunan melibatkan banyak orang," kata Ishfah dalam diskusi daring, Rabu (14/7/2021).

Kementerian Agama, kata Ishfah, juga telah mengatur tata cara pelaksanaan penyembelihan kurban di tengah pandemi Covid-19. Y

ang pertama, ia meminta pemotongan hewan kurban setelah hari raya Idul Adha.

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas