Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Mengenal Favipiravir, Ini Mekanisme Kerja Obat Favipiravir sebagai Terapi Covid-19

Simak inilah penjelasan mengenai obat Favipiravir sebagai terapi Covid-19, lengkap beserta mekanisme kerja dan hasil uji kliniknya.

Mengenal Favipiravir, Ini Mekanisme Kerja Obat Favipiravir sebagai Terapi Covid-19
hellosehat.com
Ilustrasi obat - Penjelasan mengenai obat Favipiravir sebagai terapi Covid-19, lengkap beserta mekanisme kerja dan hasil uji kliniknya. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini penjelasan mengenai obat Favipiravir, beserta mekanisme kerja dan hasil uji kliniknya.

Obat Favipiravir ini dianggap berpotensi dalam terapi pengobatan infeksi virus Covid-19.

Dikutip farmasetika.com, ada dua uji klinis label terbuka (uji superioritas non-acak dan acak) yang dilakukan di Cina selama wabah Covid-19.

Pertama uji coba Favipiravir dibandingkan dengan Arbidol, dan yang kedua uji coba Favipiravir dengan Lopinavir/Ritonavir.

Kedua uji coba tersebut menunjukkan bahwa Favipiravir dapat dianggap sebagai salah satu pengobatan potensial untuk Covid-19, karena menunjukkan efek pengobatan yang lebih baik secara signifikan selama tujuh hari tingkat pemulihan klinis, perkembangan penyakit dan penekanan perkembangan virus.

Perlu diketahui, Favipiravir adalah obat antivirus yang dikembangkan oleh Toyama Chemical Jepang dan Zheijang Hisun Pharmaceutical.

Baca juga: Uji Coba Obat Favipiravir Terhadap Pasien Covid-19 di Rusia Tunjukan Hasil Menjanjikan

Baca juga: Favipiravir dan Remdesivir hingga Jamu Dapat Izin Darurat untuk Diberikan Pada Pasien Covid 19

Favipavir atau Avigan ini yang juga dikenal sebagai T-705, merupakan suatu obat antivirus yang dikembangkan pada tahun 2014 di Jepang dengan aktivitas melawan banyak virus RNA.

Pada tahun 2014, Favipiravir memperoleh izin edar di Jepang untuk terapi influenza.

Kemudian, beberapa studi selanjutnya memperlihatkan efektivitas Favipiravir terhadap virus Ebola.

TABLET AVIGAN diproduksi oleh Toyama Chemical, yang merupakan anak perusahaan Fujifilm dari Jepang. Avigan telah diproduksi dan digunakan dalam tahap uji klinis sejak 2014 hingga sekarang. Kandungan Favipiravir (Favipiravir bekerja melawan virus RNA dengan menghambat enzim polimerase, sehingga virus tidak dapat menggandakan diri dan menyebar), di dalam Avigan juga sedang diteliti untuk menangani infeksi virus Corona atau COVID 19. (TRIBUNNEWS/Bian Harnansa)
TABLET AVIGAN diproduksi oleh Toyama Chemical, yang merupakan anak perusahaan Fujifilm dari Jepang. Avigan telah diproduksi dan digunakan dalam tahap uji klinis sejak 2014 hingga sekarang. Kandungan Favipiravir (Favipiravir bekerja melawan virus RNA dengan menghambat enzim polimerase, sehingga virus tidak dapat menggandakan diri dan menyebar), di dalam Avigan juga sedang diteliti untuk menangani infeksi virus Corona atau COVID 19. (TRIBUNNEWS/Bian Harnansa) (TRIBUNNEWS/Bian Harnansa)

Mekanisme Kerja Favipiravir

Halaman
123
Penulis: Lanny Latifah
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas