Tribun

Pemerintah Perlu Antisipasi Tantangan Ekonomi Dua Kuartal ke Depan

Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdullah mengatakan capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2021 patut disyukuri.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Pemerintah Perlu Antisipasi Tantangan Ekonomi Dua Kuartal ke Depan
Istimewa
Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdullah. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdullah mengatakan capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2021 patut disyukuri.

Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) ekonomi Indonesia pada kuartal II 2021 mencatatkan pertumbuhan sebesar 7,07 persen ( y o y) atau 3,31 persen secara q to q.

"Pencapaian ini patut kita syukuri dan memberikan semangat bagi kita untuk memulihkan ekonomi kita yang diterpa pandemi Covid-19," katanya Kamis, (5/8/2021).

Said mengatakan pertumbuhan ekonomi tersebut tidak terlepas dari mulai bergeliatnya sejumlah sektor.

Berdasarkan data BPS, banyak sektor yang tumbuh sebagai dampak kebijakan pemerintah selama kuartal 1 tahun 2021.

Misalnya, kebijakan diskon pajak (PPNBM) sehingga perdagangan mobil, sepeda motor dan reparasinya tumbuh sebesar 37, 88 persen (y o y).

Baca juga: PPKM Masih Berjalan, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 2021 Perlu Diwaspadai

"Kita juga patut bersyukur sektor primer seperti perikanan dan peternakan tumbuh cukup besar. Perikanan tumbuh 9,69 persen (y o y) dan peternakan tumbuh 7,07 persen (y o y). Industri pengolahan yang menyumbang 19,29 persen PDB juga tumbuh signifikan. Industri pengolahan tumbuh 6,58 persen (y o y)," katanya.

Selain itu menurutnya, desain APBN 2021 yang melanjutkan kebijakan counter cyclical juga berdampak bagus terhadap sektor konstruksi.

Sektor ini tumbuh besar sebagai dampak dari realisasi belanja pemerintah pada konstruksi yang naik sebesar 50,22 persen pada tahun 2021.

Sementara itu, sektor transportasi dan pergudangan yang terpukul akibat pandemi juga mengalami pertumbuhan.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas