Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Mulai Kibarkan Bendera Putih, Wapres Ma'ruf Minta Pemda Turun Tangan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah sebetulnya sudah melonggarkan kegiatan usaha khususnya PKL agar mereka bisa kembali berdagang.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Warga Mulai Kibarkan Bendera Putih, Wapres Ma'ruf Minta Pemda Turun Tangan
TribunJabar.id/Cipta
Kain putih terpasang di halaman resto pujasera Kanaya Food Court di Jalan Cikutra, Kota Bandung. Kain putih ini merupakan tanda protes dari para pelaku usaha kuliner di Bandung yang tergabung dalam AKAR, terkait kebijakan pemerintah dalam penerapan aturan PPKM yang dinilai merugikan para pelaku usaha kuliner, Kamis (29/7/2021) / Cipta Permana. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para pedagang kecil dan pedagang kaki lima mengibarkan bendera putih setelah pemerintah mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Darurat ke PPKM level 4 dan 3.

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah sebetulnya sudah melonggarkan kegiatan usaha khususnya PKL agar mereka bisa kembali berdagang. 

"Untuk mengatasi fenomena bendera putih kami meminta pemerintah daerah (pemda) menangani supaya tidak semakin banyak dan memonitor apa yang bisa dibantu," tutur Wapres saat bincang khusus dengan redaksi Tribun Network, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Kibarkan Bendera Putih, Pedagang di Pekanbaru: Pelan-pelan Kami Mati 




Menurut Wapres selain memberikan bantuan sesuai dengan anggaran yang ada, pemerintah juga terus memotivasi rakyat menghadapi pandemi.

"Jadi sedikit demi sedikit dilakukan pelonggaran untuk memberikan kesempatan UMKM dan PKL. Kita terus memberikan motivasi bahwa dalam situasi seperti ini semua negara mengalami. Kalau orang Jawa menyebutnya pagebluk," tukasnya.

Ia menambahkan pelonggaran aktivitas masyarakat akan dilakukan secara gradual sambil melihat penurunan kasus Covid-19.

Artinya jika kasus Covid-19 melandai maka tentu akan terjadi pemberian kelonggaran yang lebih luas lagi.

BERITA TERKAIT

"Di dalam mengambil keputusan pelonggaran. Yang kita jadikan ukuran pengalaman kita sendiri yang kedua standar dari WHO. Jadi tidak bisa kita asal melonggarkan," ucapnya

Yang perlu dicermati bahwa pengetatan ini tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi seluruh negara di dunia.

Tugas pemerintah saat ini menangani masyarakat yang kurang sabar ingin kembali kembali ke kehidupan normal.

"Harus ditangani oleh Pemda dengan pendekatan persuasif, humanis, dan dengan cara yang baik. Kalau memang harus dibantu ya dibantu bisa melalui anggaran dana desa dan banyak sekali sektornya. Kemudian ada juga padat karya memanfaatkan masyarakat dengan bahan-bahan lokal," imbuh Wapres Ma'ruf. 

Makna Bendera Putih

Akhir-akhir ini pedagang dan usaha kecil lainnya di sejumlah daerah di Indonesia ramai mengibarkan bendera putih saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). 

Aksi para pedagang mengibarkan bendera putih ramai di media sosial.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas