Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

HUT Kemerdekaan RI

Di HUT ke-76 RI, Risma Beri Penghargaan untuk Masyarakat yang Berperan Dalam Penanganan Covid-19

Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan penghargaan kepada pilar-pilar sosial dan masyarakat yang telah berperan aktif dalam penanganan Covid-19 di

Di HUT ke-76 RI, Risma Beri Penghargaan untuk Masyarakat yang Berperan Dalam Penanganan Covid-19
istimewa
Menteri Sosial Tri Rismaharini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan penghargaan kepada pilar-pilar sosial dan masyarakat yang telah berperan aktif dalam penanganan Covid-19 di tanah air. 

Penghargaan ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RepubliK Indonesia. 

"Kementerian Sosial mengapresiasi upaya penanganan pandemi Covid-19 yang telah dilakukan oleh pilar-pilar sosial dan masyarakat," ujar Risma dalam sambutannya di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial, Jln Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa, (17/8/2021).

Risma mengungkapkan peran pilar-pilar sosial dan masyarakat dalam upaya penanganan Covid-19 ini adalah melakukan pencegahan, melakukan pendampingan bantuan.

Mantan Walikota Surabaya ini mengungkapkan Kemensos memiliki unsur pilar-pilar sosial yang aktif dalam penanganan Covid-19 di 514 kabupaten/kota di 34 Provinsi.

Pilar sosial tersebut di antaranya Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Karang Taruna dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

Selain Pilar Sosial, ada beberapa unsur yang berperan aktif dalam tugas kemanusiaan seperti unsur pendamping sosial, pelopor perdamaian, penyuluh sosial, petugas makam, petugas ambulans, petugas medis serta masyarakat.

Baca juga: Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT ke-76 RI

Menurutnya, pilar-pilar sosial dan masyarakat layak mendapatkan penghargaan, karena dinilai berperan aktif.

"Penghargaan bagi kontribusi nyata dari pilar-pilar sosial dan masyarakat pada umumnya menjadi motivasi yang berdampak akan terwujudnya Indonesia yang tumbuh dan tangguh," tutur Risma. 

Sekretaris Jenderal Kemensos, Hartono Laras dalam laporannya kepada Menteri Sosial menyatakan dari data peserta yang masuk melalui email maupun Google Form dan telah diverifikasi berjumlah 47.283  berasal  dari unsur: 66 dari Karang Taruna; 105 dari TKSK: 391 dari PSM; 21 dari LKS; 271 dari PKH; 210 dari Tagana. 

“Termasuk, 169 dari pendamping Rehabilitasi Sosial; 113 dari Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas); 363 dari Petugas Pemakaman; 9 dari Satgas Covid-19; 45.043 dari Tenaga Medis ; 9 Petugas Pemulasaran Jenazah; 131 dari Petugas Ambulance; 96 Pelopor Perdamaian; 6 dari masyarakat; serta 48 PMI Pusat," kata Hartono. 

Adapun pilar - pilar sosial  yang hadir dalam penyerahan penghargaan sebanyak 14 orang dari wilayah Jabotabek dan merupakan perwakilan dari unsur pilar – pilar sosial yang mendapatkan penghargaan dari Kemensos pada tahun 2021.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas