Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menko Marves Luhut Apresiasi Bantuan 1.000 Ton Beras ke Warga Terdampak Covid-19 di Jateng

Presiden Direktur PT Barito Pacific Tbk Agus Salim Pangestu menyebut bantuan 1.000 ton beras ini didistribusikan secara bertahap. 

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Menko Marves Luhut Apresiasi Bantuan 1.000 Ton Beras ke Warga Terdampak Covid-19 di Jateng
IST
Anggota TNI menyalurkan donasi beras, bagian dari 1.000 ton beras bantuan Yayasan Bakti Barito yang didistribusikan bertahap ke warga terdampak pandemi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi donasi yang diberikan demi membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 dan imbas PPKM Darurat. 

Luhut yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional merujuk pada donasi 1.000 ton beras dari Yayasan Bakti Barito yang diinisiasi pendiri Grup Barito Pasific Prajogo Pangestu. 

"Saya rasa hari ini ditengah penanganan pandemi covid-19, Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dan partisipasi semua pihak," ujarnya.

"Saya mengapresiasi dan berterimakasih atas bantuan Barito Pacific yang telah mendonasikan bantuan beras yang telah disalurkan oleh teman-teman TNI di lapangan untuk meringankan beban masyarakat, terutama pekerja harian dan informal yang terkena dampak terbesar dari pandemi Covid-19," ujar Luhut, dalam keterangannya, Kamis (19/8/2021). 

Baca juga: Menteri ATR/BPN Dukung Pengembangan Ekonomi untuk Masyarakat Terdampak Pandemi

Adapun bantuan ini disalurkan lewat Komando Daerah Militer IV/Diponegoro yang merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Baca juga: Peringati HUT RI, PKS Berikan 1,7 Juta Paket Sembako untuk Warga Terdampak Covid

Sementara itu, Presiden Direktur PT Barito Pacific Tbk Agus Salim Pangestu menyebut bantuan 1.000 ton beras ini didistribusikan secara bertahap. 

Baca juga: Kemensos Perbaiki Data Penyandang Disabilitas yang Terdampak Covid-19

BERITA TERKAIT

Dimulai dari penyaluran 100 ton beras di Semarang oleh Makodam IV/Diponegoro, diikuti oleh 300 ton beras untuk kabupaten Banyumas yang didistribusikan Korem 071/Wijayakusuma Purwokerto. 

Tahap selanjutnya, Korem 074/Wirastratama Solo menyalurkan 300 ton beras ke kota Solo, dan ditutup dengan pendistribusian 300 ton beras kepada 60.000 kepala keluarga di wilayah kota Salatiga oleh Korem 073/Makutarama Salatiga.

"Ini adalah bakti kepada masyarakat Indonesia sebagai bentuk solidaritas dan simpati kami sebagai perusahaan Indonesia, karena pandemi ini hanya dapat kita lalui apabila kita saling mendukung dan membantu satu sama lain," kata Agus. 

Sebelumnya, Grup Barito Pacific bersama pendirinya Prajogo Pangestu telah membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanganan Covid-19. Adapun bantuan dilakukan dengan mendonasikan ribuan baju pelindung diri, puluhan ribu obat-obatan, puluhan ventilator, 1 unit mobil lab PCR, ratusan tabung oksigen. 

Selain itu juga terdapat donasi ribuan ton beras, ribuan unit oksigen konsentrator, ratusan ribu masker, puluhan ribu sembako, puluhan ribu alat tes PCR dan rapid test, puluhan tangki air hingga ratusan ton oksigen cair.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas