Tribun

Hadiri Peluncuran Buku Tentara Kok Mikir, Luhut: Menguliti Ingatan Saya Saat Masih Memanggul Ransel

Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kesannya terhadap Buku Tentara Kok Mikir: Inspirasi Out of the Box Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Hadiri Peluncuran Buku Tentara Kok Mikir, Luhut: Menguliti Ingatan Saya Saat Masih Memanggul Ransel
Tribunnews.com/ Gita Irawan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dalam peluncuran Buku Tentara Kok Mikir: Inspirasi Out of the Box Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo di Kantor Lemhannas RI, Rabu (25/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kesannya terhadap Buku Tentara Kok Mikir: Inspirasi Out of the Box Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

Luhut yang merupakan teman seangkatan Agus Widjojo di AKABRI 1970 mengatakan judul buku tersebut menguliti ingatannya ketika masih memanggul ransel dulu.

Menurutnya buku tersebut menarik karena adanya anggapan saat itu di mana seorang prajurit TNI cukup mengikuti perintah tanpa perlu berpikir.

Hal tersebut disampaikannya saat peluncuran Buku Tentara Kok Mikir: Inspirasi Out of the Box Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo yang digelar secara daring dan luring di kantor Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Rabu (25/8/2021).

"Buku yang akan diluncurkan ini menarik menurut saya, karena judul Tentara Kok Mikir? Ini secara langsung menguliti ingatan saya ketika saya masih memanggul ransel dulu, dan muncul anggapan hingga saat ini bahwa sejatinya seorang prajurit cukup ikuti perintah dan tidak perlu berpikir," kata Luhut.

Luhut pun mengungkap awal perkenalannya dengan Agus saat sama-sama menjalani pendidikan sebagai Taruna di AKABRI pada 1979 silam.

Sosok Agus Widjojo, kata dia, adalah seorang yang tidak lepas dengan buku.

Baca juga: Luncurkan Buku Tentara Kok Mikir, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo: Tidak Perlu Baper dengan Judulnya

Ia masih ingat persis ketika mereka akan ujian untuk ke Amerika saat masih menjadi taruna.

Dari sekian banyak yang ikut ujian, kata Luhut, hanya Agus yang lulus dan bahasa Inggrisnya 100.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas