Tribun

Virus Corona

Menko PMK: Pemerintah Gencarkan Transisi Pandemi ke Endemi

Muhadjir Effendy mengatakan saat ini pemerintah tengah mempersiapkan transisi pandemi jadi endemi.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Menko PMK: Pemerintah Gencarkan Transisi Pandemi ke Endemi
Kompas TV
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan saat ini pemerintah tengah mempersiapkan transisi pandemi jadi endemi.

Hal itu, menurutnya, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo karena virus Covid-19 diangap tidak akan hilang dalam waktu dekat.

Muhadjir mengatakan kunci untuk merubah status pandemi jadi endemi adalah kesadaran masyarakat untuk terus terbiasa mematuhi protokol kesehatan.

"Tidak usah disuruh, tidak usah dipelototi oleh aparat, pak polisi tidak perlu menggiring semua orang untuk pakai masker. Maka itu endemi akan terjadi," tutur Muhadjir melalui keterangan tertulis, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Menko PMK: Klaster Tingkat Desa Bisa Diatasi Lewat Vaksinasi Covid-19

Selain itu, menurutnya, endemi akan terjadi juga bila masyarakat sudah terbiasa dan memiliki anggapan Covid-19 akan selalu berada di sekitarnya seperti penyakit pada umumnya.

"Pokoknya kalau kesadaran masyarakat tumbuh maka proses endemisasi dari Covid-19 sudah berjalan," kata Muhadjir.

Masyarakat, kata Muhadjir, juga bisa memahami akan kondisinya, seperti berani memeriksakan diri saat merasa tertular Covid-19 dan memeriksakan diri saat menjadi kontak erat.

Pemerintah, kata Muhadjir, saat ini menggencarkan vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu langkah persiapan transisi pandemi jadi endemi.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas