Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

HARTA KEKAYAAN 7 Calon Pengganti Azis Syamsuddin, Paling Kaya Dito Ganinduto, Capai Rp94 Miliar!

Berikut ini rincian harta kekayaan tujuh calon pengganti Azis Syamsuddin menjadi Wakil Ketua DPR RI.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in HARTA KEKAYAAN 7 Calon Pengganti Azis Syamsuddin, Paling Kaya Dito Ganinduto, Capai Rp94 Miliar!
TRIBUNNEWS/Dok. Pribadi dan Irwan Rismawan
Dito Ganinduto dan Azis Syamsuddin. Berikut ini rincian harta kekayaan tujuh calon pengganti Azis Syamsuddin menjadi Wakil Ketua DPR RI. 

TRIBUNNEWS.COM - Nama-nama kader Golkar pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI mencuat.

Azis Syamsuddin telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Sabtu (25/9/2021).

Dilansir Tribunnews, Azis diduga menyuap eks penyidik KPK, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Stepanus Robin Pattuju, dan advokat Maskur Husain untuk menghentikan perkara yang melibatkan Azis dan kader Golkar yang pernah menjabat sebagai mantan Wakil Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Aliza Gunado.

Karena itu, Azis pun mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Mengenai hal tersebut, pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, mengungkapkan ada tujuh kandidat pengganti Azis.

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (25/9/2021) dini hari. KPK resmi menahan Azis Syamsuddin terkait kasus dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah. Tribunnews/Irwan Rismawan
Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (25/9/2021) dini hari. KPK resmi menahan Azis Syamsuddin terkait kasus dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Baca juga: Rekam Jejak 7 Calon Pengganti Azis Syamsuddin Jadi Waketu DPR, Meutya Hafid hingga Dito Ganinduto

Baca juga: Azis Syamsuddin Bukan yang Pertama, Berikut 2 Pimpinan DPR yang Pernah Tersangkut Korupsi

"Nah siapa saja nama-nama yang beredar, kalau saya melihat dan mendengar ya ada sekitar 6 sampai 7 nama lah," kata Qodari kepada Tribunnews, Minggu (26/9/2021).

Mereka adalah Kahar Muzakir, Adies Kadir, Melchias Markus Mekeng, Ahmad Doli, Meutya Hafid, Nurul Arifin, dan Dito Ganinduto.

BERITA TERKAIT

Sebagai wakil rakyat, tentu saja ketujuh kandidat pengganti Azis memiliki kewajiban untuk membuat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaran Negara (LHKPN) yang diserahkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sejak awal memasuki Senayan, hanya Nurul dan Dito yang rutin melaporkan hartanya.

Sementara Kahar dan Adies terakhir kali menyerahkan LHKPN mereka pada 2018.

Lalu, Melchias, Ahmad Doli, dan Meutya, tercatat baru melaporkan hartanya di tahun 2019.

Dirangkum Tribunnews dari laman elhkpn.kpk.go.id yang diakses Minggu, berikut ini rincian harta kekayaan tujuh kandidat pengganti Azis Syamsuddin:

1. Kahar Muzakir

Penyidik KPK telah menyelesaikan pemeriksaannya terhadap Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Kahar Muzakir guna mendalami dugaan suap Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pada perubahan APBN Tahun Anggaran 2016 Kabupaten Kebumen dengan tersangka Wakil Ketua DPR RI nonaktif Taufik Kurniawan.
Penyidik KPK telah menyelesaikan pemeriksaannya terhadap Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Kahar Muzakir guna mendalami dugaan suap Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pada perubahan APBN Tahun Anggaran 2016 Kabupaten Kebumen dengan tersangka Wakil Ketua DPR RI nonaktif Taufik Kurniawan. (Tribunnews.com/Ilham)

Kahar Muzakir terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 31 Desember 2018.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas