Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demo BEM SI, Polisi Perketat Pengamanan Gedung KPK, 1200 Personel Dikerahkan

Kapolsek Metro Setiabudi Kompol Beddy Suwendi memerinci, pada hari ini sebanyak 1.200 personel diterjunkan untuk mengamankan demonstrasi BEM SI di KPK

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Demo BEM SI, Polisi Perketat Pengamanan Gedung KPK, 1200 Personel Dikerahkan
Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Ribuan aparat kepolisian memperketat pengamanan di sekitaran Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pasalnya siang hari ini, Senin (27/9/2021), Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar demo di KPK. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aparat kepolisian memperketat pengamanan di sekitaran Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pasalnya pada siang hari ini, Senin (27/9/2021), Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar demo.

Mereka menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulihkan status 56 pegawai yang tak lolos asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK), dan segera mengangkat mereka menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Baca juga: Ultimatum Tak Digubris Jokowi, BEM SI Demo di KPK Siang Ini

Kapolsek Metro Setiabudi Kompol Beddy Suwendi memerinci, pada hari ini sebanyak 1.200 personel diterjunkan untuk mengamankan demonstrasi BEM SI.

"(Jumlah personel) 1.200," kata dia di sekitaran lokasi demo, Senin (27/9/2021).

Pantauan Tribunnews.com, polisi sudah melakukan apel penjagaan sejak pagi. 

Jalan di depan KPK pun ditutup menggunakan tambang. 

BERITA TERKAIT

Tidak sembarang orang boleh melintas untuk sementara ini.

Ribuan aparat kepolisian memperketat pengamanan di sekitaran Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pasalnya siang hari ini, Senin (27/9/2021), Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar demo di KPK.
Ribuan aparat kepolisian memperketat pengamanan di sekitaran Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pasalnya siang hari ini, Senin (27/9/2021), Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar demo di KPK. (Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama)

Beberapa mobil pengurai massa juga terlihat terparkir di depan gedung KPK. 

Lalu, mobil water cannon juga dibawa oleh polisi untuk menjaga situasi. 

Terlihat beberapa Brimob dengan senjata laras panjang ikut menjaga KPK.

Mobil pemadam kebakaran juga terlihat ada di depan Kantor KPK. 

Terlihat, beberapa petugas polisi menggunakan alat perlindungan diri (APD) ikut apel pengamanan.

Baca juga: Bakal Didemo BEM SI, 600 Personel Polisi Jaga Gedung KPK 

BEM SI menggelar demo hari ini setelah Presiden Jokowi mengabaikan ultimatum mereka untuk turun tangan membela para pegawai KPK yang dipecat. 

"Aliansi BEM Seluruh Indonesia dengan Gerakan Selamatkan KPK kembali bergerak untuk menindaklanjuti dari ultimatum ke Jokowi yang telah melewati 3x24 Jam dari ultimatum dikirimkan, terlihat tidak ada jawaban dari Presiden Jokowi untuk menunjukkan keberpihakannya kepada 57 Pegawai KPK yang berintegritas," demikian pernyataan Aliansi BEM SI yang diterima Senin (27/9/2021).

BEM SI dengan Gerakan Selamatkan KPK pun turut mengajak seluruh mahasiswa di Indonesia dan seluruh elemen masyarakat mengikuti Aksi Nasional, yang satu di antaranya dipusatkan di depan Gedung Merah Putih yang menjadi markas lembaga antirasuah tersebut, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin siang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas