Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PON XX Papua Resmi Dibuka, Pemerintah Pastikan Aman dengan Prokes dan Vaksinasi

Ini akan menjadi catatan dalam sejarah Indonesia karena mampu menghelat acara akbar berskala nasional di tengah pandemi.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in PON XX Papua Resmi Dibuka, Pemerintah Pastikan Aman dengan Prokes dan Vaksinasi
Tribunnews/Jeprima
Petugas melakukan penyemprotan insektisida di sekitar Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (1/10/2021). Penyemprotan dengan menggunakan sebanyak 30 mesin fogging itu dilakukan H-1 menjelang pembukaan PON XX Papua 2021 guna mengantisipasi adanya wabah malaria. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua akhirnya resmi dibuka pada 2 Oktober 2021 setelah sempat ditunda 1 tahun karena pandemi Covid-19.

Ini akan menjadi catatan dalam sejarah Indonesia karena mampu menghelat acara akbar berskala nasional di tengah pandemi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan dalam penyelenggaraan PON dan Peparnas kesehatan dan keselamatan semua pihak yang terlibat menjadi prioritas paling penting.

Pemerintah menegaskan aturan bagi semua pihak yang terlibat dalam PON & Peparnas, termasuk para penonton harus sudah mendapatkan dua dosis vaksinasi lengkap.

"Pemerintah memastikan protokol kesehatan akan diterapkan dengan ketat sera diikuti dengan penguatan sistem kesehatan," kata Johnny, Sabtu (2/10/2021).

Baca juga: Kebutuhan Listrik Pembukaan PON Papua Mencapai 2,2 MegaWatt, PLN Jamin Keandalan Pasokan

Selain itu pemerintah juga memastikan kelengkapan fasilitas kesehatan dapat
memenuhi kebutuhan selama penyelenggaraan kegiatan.

BERITA TERKAIT

"Mari kita sambut bersama PON XX dan Peparnas XVI Papua, Mentari Harapan Baru dari Timur,Torang Bisa!" seru Johnny.

Wajib Skrining

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan, diizinkannya kegiatan ini melalui pertimbangan penuh dan mengutamakan prinsip kehati-hatian.

"Dalam pelaksanaannya pun dilakukan monitoring dan evaluasi protokol kesehatan berkelanjutan untuk memastikan kegiatan dapat berjalan dengan baik. Dan disaat bersamaan pencegahan terhadap penyebaran virus COVID-19 dapat dioptimalkan," Wiku dalam Keterangan Pers baru-baru ini.

Baca juga: Seluruh Venue PON XX Papua Selesai, Jokowi: Siap Dimanfaatkan untuk Arena Perlombaan

Dalam pedoman pembukaan acara besar yang diumumkan kepada publik, terdapat rambu-rambu yang harus diperhatikan oleh penyelenggara acara.

Seluruh elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan PON seperti atlet, ofisial, panitia, penonton, masyarakat di sekitar lokasi harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan telah mendapatkan vaksinasi minimal dosis pertama.

Instruksi khusus diberikan kepada Bupati Jayapura yang menjadi tuan rumah upacara pembukaan dan penutupan PON XX Papua.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas