Tribun

Calon Panglima TNI

Survei SETARA Institute: Andika Perkasa Unggul Dalam 4 Dimensi Kepemimpinan Kandidat Panglima TNI

Di mana pada dimensi kepemimpinan berdasarkan Integritas, dalam temuan atau survei SETARA Institute, Jenderal TNI Andika Perkasa memiliki nilai rata-

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Johnson Simanjuntak
Survei SETARA Institute: Andika Perkasa Unggul Dalam 4 Dimensi Kepemimpinan Kandidat Panglima TNI
TRIBUNNEWS Irwan Rismawan/KOMPAS.com Hadi Maulana
KSAD Jenderal Andika Perkasa (kiri) dan KSAL Laksamana Yudo Margono (kanan). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - SETARA Institute menyampaikan hasil temuan yang dilakukan pihak internal terkait dengan survei opini ahli tentang kandidat Panglima TNI untuk masa kepemimpinan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Setidaknya ada lima dimensi kepemimpinan yang menjadi tolak ukur untuk para kandidat Panglima TNI, di antaranya Kapabilitas, Integritas, Responsivitas, Akseptabilitas dan Kontinuitas.

Adapun calon kandidat Panglima TNI untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yakni Jenderal TNI Andika Perkasa yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Selanjutnya, Laksamana TNI Yudo Margono, kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Marsekal Fadjar Prasetyo, kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) .

Dalam survei yang melibatkan 100 ahli dari berbagai akademisi kampus dan elemen masyarakat sipil (NGO / Ormas) ini sendiri nama Andika Perkasa unggul dari kedua calon lainnya.

Di mana pada dimensi kepemimpinan berdasarkan Integritas, dalam temuan atau survei SETARA Institute, Jenderal TNI Andika Perkasa memiliki nilai rata-rata 7,84.

Baca juga: 100 Ahli Sepakat ada 5 Dimensi Kepemimpinan yang Harus Dimiliki Kandidat Panglima TNI

Angka ini unggul dibandingkan nilai rata-rata Laksamana TNI Yudo Margono (7,83) dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (7,70).

Hasil yang sama juga ditunjukkan pada dimensi kepemimpinan berdasarkan Akseptabilitas.

"Di sini (kriteria Akseptabilatas), Jenderal TNI Andika Perkasa mendapat nilai rata-rata 8,04," kata Peneliti SETARA Institure Ikhsan Yosarie saat menyampaikan hasil surveinya secara daring, Senin (4/10/2021).

Peneliti SETARA Institute Ikhsan Yosarie saat menyampaikan hasil surveinya secara daring, Senin (4/10/2021).
Peneliti SETARA Institute Ikhsan Yosarie saat menyampaikan hasil surveinya secara daring, Senin (4/10/2021). (Rizki Sandi Saputra)

Sementara, Laksamana TNI Yudo Margono mendapatkan nilai rata-rata 7,78 dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dengan nilai rata-rata 7,65.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas