Tribun

Pemerintah Geser Libur Maulid Nabi Jadi 20 Oktober 2021, ASN Dilarang Cuti & Bepergian ke Luar Kota

Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang cuti dan bepergian ke luar kota selama libur Maulid Nabi, yakni pada 18-22 Oktober 2021. 

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Wahyu Gilang Putranto
Pemerintah Geser Libur Maulid Nabi Jadi 20 Oktober 2021, ASN Dilarang Cuti & Bepergian ke Luar Kota
Freepik
Ilustrasi Kalender 2021. Dalam artikel mengulas tentang digesernya hari libur nasional Maulid Nabi menjadi 20 Oktober 2021 dan ASN dilarang cuti dan bepergian ke luar kota pada 18-22 Oktober 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah telah menggeser hari libur nasional peringatan Maulid Nabi Muhammad yang sebelumnya 19 Oktober menjadi 20 Oktober 2021.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 akibat membludaknya mobilitas masyarakat.

Menurut Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, keputusan menggeser hari libur nasional sudah dilakukan dengan pertimbangan.

“Jadi memang bukan kali ini saja kan Pak Menko (Muhadjir Effendy), sudah beberapa kali kita menggeser untuk menghindari orang memanfaatkan hari kejepit itu."

"Oleh karena itu, alasannya itu supaya walaupun memang sudah rendah, tapi tetap kita antisipatif,” kata Wapres usai melakukan olahraga pagi di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang, Minggu (17/10/2021).

Baca juga: Libur Perayaan Maulid Nabi Digeser, Berikut Keutamaan Merayakan Maulid Nabi 2021

Lebih lanjut Ma'ruf menyampaikan, sebagai contoh di negara India, pelonggaran-pelonggaran yang diberikan seiring penurunan kasus harian Covid-19 menyebabkan kelengahan di masyarakat yang berdampak pada lonjakan laju penyebaran virus Corona.

“India itu kan ketika dia sudah rendah kemudian terjadi pelonggaran-pelonggaran bahkan ada acara keagamaan akhirnya naik lagi. Kita tidak ingin itu terulang di kita Indonesia,” kata Wapres.

KH Makruf Amin.
KH Makruf Amin. Dalam artikel mengulas tentang digesernya hari libur nasional Maulid Nabi menjadi 20 Oktober 2021 dan ASN dilarang cuti dan bepergian ke luar kota pada 18-22 Oktober 2021. (Surya)

Sejalan dengan hal tersebut, Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang cuti dan bepergian ke luar kota pada 18-22 Oktober 2021. 

Larangan ASN cuti dan bepergian saat hari libur nasional ini tertuang dalam SE Menteri PANRB Nomor 13 Tahun 2021.

SE Menteri PANRB Nomor 13 Tahun ini tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah Dan/Atau Cuti Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Selama Hari Libur Nasional Tahun 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas