Tribun

Hari Santri Nasional

Ketua DPR: Santri Harus Jadi Pelopor Penanggulangan Covid-19 di Tanah Air

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan santri jadi agen dalam penanggulangan pandemi Covid-19. 

Penulis: chaerul umam
Editor: Wahyu Aji
Ketua DPR: Santri Harus Jadi Pelopor Penanggulangan Covid-19 di Tanah Air
dpr.go.id
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan santri merupakan satu di antara elemen yang berpengaruh dalam sejarah perjalanan dan pembangunan bangsa, termasuk dalam penanggulangan pandemi Covid-19

Menurutnya, santri harus menjadi pelopor penanggulangan wabah yang sudah melanda Indonesia hampir dua tahun terakhir ini. 

“Kita ketahui bagaimana santri punya banyak kontribusi bagi NKRI sejak era perjuangan kemerdekaan Indonesia hingga saat ini. Dan peran besar santri bagi negara harus terus dipertahankan,” kata Puan dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Jumat (22/10/2021).

Puan mengatakan, penetapan Hari Santri tak bisa dilepaskan dari perjuangan santri untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di masa lalu. 

Dia menyebut, semangat Resolusi Jihad oleh para ulama atau kiai pada 22 Oktober 1945 yang dijadikan dasar penetapan HSN harus terus digelorakan. 

“Pesantren sebagai tempat menempa ilmu harus menjaga warisan para ulama dan kiai yang dulu mencetuskan Resolusi Jihad melawan penjajah sebagai benteng NKRI,” ucapnya. 

Puan mengingatkan sejarah mencatat perjuangan santri terhadap berdirinya Indonesia. 

Dia menyebut, Proklamator RI Soekarno-Hatta banyak mendapat bantuan dari para ulama di masa kemerdekaan. 

“Bung Karno sendiri juga banyak belajar dengan para ulama dan kiai seperti KH Hasyim Asy'ari. Beliau belajar dan berdiskusi tentang ilmu agama, juga ilmu kenegaraan,” kata Puan. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P

Wiki Populer

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas