Tribun

Bursa Capres

Peluang Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 Disebut Mirip Ganjar, Berat karena Tak Punya Parpol

Jerry Massie menilai Anies Baswedan yang baru saja dideklarasikan pendukungnya sebagai capres 2024 hanya akan menjadi penggembira.

Penulis: Reza Deni
Editor: Dewi Agustina
Peluang Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 Disebut Mirip Ganjar, Berat karena Tak Punya Parpol
TribunJakarta/Satria Sarwo Trengginas
Suasana deklarasi dari ANIES untuk Anies for President yang digelar di Gedung Juang 45, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (20/10/2021) - Aliansi Nasional Indonesia Sejahterabuka suara perihal rapor merah empat tahun Anies Baswedan memimpin Jakarta yang diberikan oleh LBH Jakarta 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai Anies Baswedan yang baru saja dideklarasikan pendukungnya sebagai capres 2024 hanya akan menjadi penggembira dalam kontestasi lima tahunan tersebut.

"Tanpa ada kendaraan politik bagi capres terlalu berat. Cawapres saja belum tentu dia lolos," kata Jerry dalam keterangan yang diterima Tribunnews, Jumat (22/10/2021).

Belum lagi, dikatakan Jerry, muncul nama-nama yang sudah lebih dulu keluar di publik seperti Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Puan Maharani, hingga Agus Harimurti Yudhoyono.

"Saya kira Anies bakal sulit lantaran dia tak punya partai seperti Prabowo punya Gerindra, Puan Maharani (PDI-P) bahkan Agus Harimukti (AHY) yang punya Demokrat. Jadi Anies mirip Ganjar yang terganjal parpol pengusung," tambahnya.

Ketimbang Anies, Jerry sendiri justru lebih yakin rekannya di DKI Sandiaga Uno yang kini menjabat Menparekraf akan lebih berpeluang baik untuk posisi capres maupun cawapres kembali.

"Kalau di balapan Anies jagoan try out (uji coba), tapi giliran turnamen saya yakin dia tak akan lolos," tambahnya.

Meski begitu, dia menghargai deklarasi Anies sebagai capres oleh para pendukungnya.

"Kalau deklarasi sah-sah saja siapa pun dia bisa mendeklarasikan maju sebagai capres atau tak ada yang melarang. Ini bagian curi start awal juga," ujarnya.

Sebelumnya, kelompok masyarakat sipil yang mengatasnamakan diri Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) menggelar deklarasi untuk mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Baca juga: Relawan Deklarasikan Anies Jadi Capres, Wagub DKI Tegaskan Kalau Gerindra Pasti Usung Prabowo

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas