Tribun

PON Papua

Kapolri Sebut Tak Ada Lonjakan Covid-19 dan Ancaman KKB Saat Pelaksanaan PON XX di Papua

Salah satu contoh kerja keras yang dilakukan oleh TNI-Polri, kata Sigit, pelaksanaan PON XX di Papua aman dan lancar.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Anita K Wardhani
Kapolri Sebut Tak Ada Lonjakan Covid-19 dan Ancaman KKB Saat Pelaksanaan PON XX di Papua
Tribunnews/JEPRIMA
Suasana pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Pembukaan PON XX Papua dimeriahkan oleh artis lokal dan nasional seperti Raffi Ahmad, Papua Original, Michael J, Tulus, Edo Kondologit, Ruth Sahanaya, Joanita dan masih banyak lagi serta ditutup dengan pesta kembang api pada akhir acara. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyapa sekaligus memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh prajurit TNI-Polri yang bertugas menjaga kamtibmas di Papua pada Jumat (22/10/2021).

Sigit menegaskan, seluruh personel TNI-Polri yang telah bekerja keras dan mengerahkan segala kemampuannya untuk menjaga keamanan di Papua adalah bentuk pengabdian terbaik seorang prajurit.

Baca juga: Hermawan Sulistyo: Penyelesaian Konflik dan Kekerasan di Papua Harus Dilakukan dengan Hati

Baca juga: Airlangga Hartarto Ungkap PON XX Papua Catatkan 176 Kasus Positif Covid-19

"Saya menyampaikan penghargaan kepada seluruh personel TNI-Polri yang tanpa lelah dan terus semangat bertugas di lapangan memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara serta masyarakat," kata Sigit dalam keterangannya, Sabtu (23/10/2021).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., saat memberikan pengarahan kepada Prajurit TNI dan Anggota Polri, bertempat di Brigif Raider 20 / Ima Jaya Keramo, Timika Papua, Jumat (22/10/2021). Panglima TNI menuturkan bahwa PON XX di Papua dapat berhasil diselenggarakan dengan baik dan lancar juga karena peran aktif Prajurit TNI dan Anggota Polri yang telah bersumpah untuk melaksanakan tugas dan telah melaksanakan kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya. (TRIBUNNEWS/PUSPEN TNI)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., saat memberikan pengarahan kepada Prajurit TNI dan Anggota Polri, bertempat di Brigif Raider 20 / Ima Jaya Keramo, Timika Papua, Jumat (22/10/2021). Panglima TNI menuturkan bahwa PON XX di Papua dapat berhasil diselenggarakan dengan baik dan lancar juga karena peran aktif Prajurit TNI dan Anggota Polri yang telah bersumpah untuk melaksanakan tugas dan telah melaksanakan kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya. (TRIBUNNEWS/PUSPEN TNI) (PUSPEN TNI/Puspen TNI)

Salah satu contoh kerja keras yang dilakukan oleh TNI-Polri, kata Sigit, pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua, yang berlangsung lancar dari segi keamanan. Sekaligus, aman dari segi kesehatan di tengah Pandemi Covid-19.

"Alhamdulilah, semuanya berjalan dengan aman lancar dan juga hal-hal yang terkait dengan laju pertumbuhan Covid-19 semuanya berjalan dengan aman dan tidak terjadi lonjakan," ujar Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini pun melihat bagaimana kerja keras anggota TNI-Polri yang terus bersinergi bersama dengan Dinkes dan relawan terkait dengan percepatan vaksinasi.

Antusias pendukung tim Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (14/10/2021). Pada laga final sepakbola PON XX Papua, kesebelasan Papua akan menghadapi tim sepakbola Aceh.
Antusias pendukung tim Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (14/10/2021). Pada laga final sepakbola PON XX Papua, kesebelasan Papua akan menghadapi tim sepakbola Aceh. (Abdul Majid/Tribunnews.com)

"Pada saat kegiatan pelaksanaan PON walaupun dihadiri penonton namun hanya terjadi 136 orang yang terpapar positif dan saat ini rata-rata hampir sebagian sembuh. Kita lihat satu minggu terakhir ini dibanding minggu lalu terjadi penurunan terhadap konfirmasi positif. Artinya seluruh jerih payah yang dilakukan rekan-rekan terkait dengan upaya mengendalikan laju covid berjalan dengan baik," ujar Sigit.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Banten ini juga mengapresiasi jajaran TNI-Polri yang mengamankan penyelenggaraan PON dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Menurut Sigit, penyelenggaraan keberhasilan pengamanan event nasional di Papua, dapat menjadi cerminan bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan event baik dalam negeri maupun internasional.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas