Tribun

Balai Bahasa Kalteng: Kemajuan Teknologi Jadi Peluang Melestarikan Bahasa Daerah

Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Valentina Lovina Tanate mengatakan bahasa dan sastra daerah sebagai aset dan kekayaan nasional.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
Balai Bahasa Kalteng: Kemajuan Teknologi Jadi Peluang Melestarikan Bahasa Daerah
SERAMBI Banda Aceh/BUDI FATRIA
Ilustrasi bahasa daerah. Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Valentina Lovina Tanate mengatakan bahasa dan sastra daerah sebagai aset dan kekayaan nasional. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Valentina Lovina Tanate mengatakan bahasa dan sastra daerah sebagai aset dan kekayaan nasional.

Valentina menilai kemajuan teknologi harus dapat mendukung pelestarian bahasa dan sastra daerah.

"Derasnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi semestinya menjadi peluang untuk merancang atau merekayasa teknik atau moda yang tepat dalam hal pelestarian, pelindungan, dan revitalisasi bahasa dan sastra daerah," ujar Valentina melalui keterangan tertulis, Selasa (26/10/2021).

Bahasa dan sastra Indonesia dan daerah, menurut Valentina, memerlukan perhatian khusus dari berbagai pemangku kepentingan.

Keberadaan bahasa dan sastra daerah saat ini mengalami krisis yang cukup memprihatinkan.

"Di satu sisi, globalisasi dan digitalisasi memberikan dampak positif, seperti semakin mudahnya mengakses informasi-informasi kebahasaan dan kesastraan," ujar Valentina.

Baca juga: Balai Bahasa Jawa Barat Sosialisasi Model Pembelajaran Sastra Sunda di Sekolah

Meski begitu, Valenina menilai, perubahan itu juga menimbulkan dampak negatif.

Di tengah kemudahan dalam mengakses dan membagikan informasi pada ruang digital, penggunaan bahasa dan sastra daerah semakin terpinggirkan.

Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah mewadahi penyebaran informasi kebahasaan dan kesastraan melalui Seminar Internasional Bahasa dan Sastra Daerah I (Sinar Bahtera I) tahun 2021.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas