Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenag Afirmasi Pendidik Inklusi dalam Program Penguatan Literasi Digital Madrasah

Muhammad Zain mengatakan pada era digital saat ini terdapat beberapa pekerjaan atau profesi bisa tergantikan karena keberadaan kecerdasan buatan.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Kemenag Afirmasi Pendidik Inklusi dalam Program Penguatan Literasi Digital Madrasah
ist
Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain, memberikan arahan pada agenda Training of Trainer Fasilitator Daerah Literasi Digital Madrasah di Bogor, Rabu (26/10/2021) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar Training of Trainer (TOT) Fasilitator Daerah dalam rangka mendukung program pengembangan literasi digital bagi guru dan tenaga kependidikan madrasah.

Kegiatan ini diselenggarakan guna memberikan pembekalan kompetensi literasi digital bagi fasilitator daerah yang akan melatih guru dan tenaga kependidikan madrasah di beberapa daerah pilot project.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain, mengatakan pada era digital saat ini terdapat beberapa pekerjaan atau profesi bisa tergantikan karena keberadaan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Namun ada satu profesi yang saat ini tak bisa tergantikan, yaitu guru.

“Sebagai pendidik, peran guru bukan sekadar melakukan transfer pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter siswa,” terang Zain Zain saat memberikan arahan pada agenda Training of Trainer Fasilitator Daerah Literasi Digital Madrasah di Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/10/2021)

Baca juga: Wamenag: Santri Abad 21 Harus Miliki Keterampilan Literasi Digital

Pria asal Sulawesi ini juga mengingatkan agar guru madrasah selalu menyertakan hati dalam melaksanakan pekerjaannya.

Sampai hari ini guru belum bisa tergantikan karena robot tidak memiliki perasaan.

BERITA TERKAIT

"Siswa harus disentuh semua potensi kecerdasannya termasuk estetika/seni. Karena dengan seni hidup jadi indah," lanjutnya.

Selanjutnya, dalam rangka melakukan afirmasi pendidikan inklusif pada madrasah, tenaga pendidik penyandang disabilitas pun dilibatkan di dalam program penguatan literasi digital madrasah.

Hal ini menjadi komitmen Kemenag untuk terus meningkatkan kualitas Madrasah Inklusif.

“Langkah ini sangat strategis untuk melahirkan calon-calon pendidik inklusi yang dapat meningkatkan kualitas pendampingan pembelajaran literasi digital di madrasah bagi anak berkebutuhan khusus,” tambah Zain.

Selain itu, akses literasi digital bagi difabel juga perlu diperhatikan.

Zain mengatakan mereka merupakan pendidik yang istimewa.

Bahkan tidak jarang, di tengah keterbatasan, mereka mampu menghadirkan berbagai inovasi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas