Tribun

Hari Sumpah Pemuda

Wamendes Budi Arie: Semangat Sumpah Pemuda Jadi Inspirasi Menggelorakan dan Mendorong Kemajuan Desa

Budi Arie Setiadi menghadiri peluncuran program Smart KKN Digital dan MBKM Smart Village Tanjungpura di Universitas Tanjungpura.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
Wamendes Budi Arie: Semangat Sumpah Pemuda Jadi Inspirasi Menggelorakan dan Mendorong Kemajuan Desa
ISTIMEWA
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi menghadiri peluncuran program Smart KKN Digital dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Smart Village Tanjungpura di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (28/10/2021).

Smart KKN Digital dan MBKM Smart Village ini merupakan program kolaborasi pentahelix pendampingan desa menuju desa mandiri yang menjalankan merdeka belajar kampus merdeka dengan menerapkan digitalisasi desa untuk membangun smart government, smart society, dan smart economy.

Budi Arie menyambut baik inisiatif dan ide yang diprakarsai Universitas Tanjungpura (Untan) dalam mendorong anak-anak muda khususnya mahasiswa yang melakukan KKN di desa.

Apalagi, Untan merupakan bagian dari Perguruan Tinggi untuk Desa yang punya tanggung jawab dalam mendorong kampusnya untuk berpikir kreatif, membantu percepatan akselerasi bagi kemajuan pembangunan, dan pengembangan desa khususnya di Kalimantan Barat.

"Kalau peran serta perguruan tinggi itu tinggi, Saya yakin dalam waktu yang tidak terlalu lama, Kalbar akan bisa maju dan desa-desanya semakin lama akan menjadi semakin mandiri," kata Budi Arie.

Baca juga: Wamendes Budi Arie Ajak Anak Muda Berperan Dalam Pembangunan di Desa

Budi Arie mengharapkan para mahasiswa yang melaksanakan KKN bisa menjadi lebih fokus dalam melakukan pendampingan digitalisasi demi terwujudnya percepatan transformasi digital dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

"Kami berharap dengan terlaksananya program ini dapat memberikan akselerasi bagi peningkatan desa menjadi desa mandiri. Tidak hanya di Kalimantan Barat. Namun, untuk seluruh desa di Indonesia. Kolaborasi yang tercipta dari keterlibatan berbagai pihak ini adalah sebagai pendorong keberhasilan untuk mencapai tujuan bersama atas kesejahteraan masyarakat di Indonesia," katanya.

Dalam peluncuran yang bersamaan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, Wamen menceritakan bahwa dalam setiap kunjungan ke desa, dirinya selalu menanyakan terkait keberadaan dan keterlibatan para pemuda di desa.

Baca juga: Wamendes Budi Arie: Desa Harus Maju karena Masa Depan Indonesia Ada di Desa

"Pemuda yang selalu saya tanya. Kalau desa sudah tidak ada anak mudanya, berarti enggak ada potensi untuk maju. Karena itu, saya berharap bagaimana anak muda itu harus ada didesa. Mahasiswa ini harus kembali kedesa dan membangun desanya," ucapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas