Tribun

Kemendes Salurkan Bantuan untuk 19 Desa Wisata Penyangga DSP Mandalika

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memfasilitasi desa penyangga Destinasi Super Prioritas (DSP) Mandalika

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Kemendes Salurkan Bantuan untuk 19 Desa Wisata Penyangga DSP Mandalika
Istimewa
Kemendes Salurkan Bantuan untuk 19 Desa Wisata Penyangga DSP Mandalika 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memfasilitasi desa penyangga Destinasi Super Prioritas (DSP) Mandalika dengan membangun sarana dan prasarana.

Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Kemendes PDTT, Sugito, mengatakan potensi pariwisata yang dimiliki Pulau Lombok harus didukung dengan penguatan infrastruktur objek dan amenitas desa wisata.

Serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pariwisasta melalui pelatihan rumah tinggal (homestay), kuliner dan pemandu wisata.

"Industri pariwisata adalah industri yang dinamis, inovatif dan kreatif. Maka dari itu kami terus berusaha mempercepat kemandirian desa, melalui peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung dan kapasitas pelaku wisata di wilayah penyangga DSP Mandalika,” ujar Sugito melalui keterangan tertulis, Kamis (28/10/2021).

Baca juga: Seloroh Anies Baswedan Saat Tim Sepakbola Pemprov Vs DPRD: Kita Bek, Mereka Penyerang Semua

Pembangunan dilakukan di 19 Desa di empat kabupaten, yaitu Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara.

Sugito menjelaskan ke-19 desa wisata di Lombok, antara lain Desa Selong Belanak, Desa Kopang Rembiga, Desa Bilibante, Desa Aik Dareq, Desa Kembang Kuning, Desa Sembalun, dan Desa Pringgasela.

Lalu Desa Seruni Mumbul, Desa Sembalun Bumbung, Desa Paremas, Desa Sugian, Desa Mamben Baru, Desa Senaru, Desa Malaka, Desa Jenggala, Desa Pemenang Barat, Desa Sesaot, Desa Sekotong Tengah dan Desa Sedau.

Bantuan yang diberikan dibagi menjadi dua, pertama bantuan yang mendukung infrastruktur obyek wisata antara lain pembangunan jalan lingkungan, homestay, kios dan kedai serta gazebo.

Baca juga: Anggota DPR RI Ini Punya Solusi Atasi Krisis Energi dan Disrupsi Teknologi

Kedua adalah bantuan yang mendukung amenitas wisata, antara lain, pembangunan toilet umum, balai kesenian, penyediaan sarana dan prasarana pendukung TIK, serta bangunan pendukung lainnya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas