Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri LHK: FoLU Net Carbon Sink Tidak Sama Dengan Zero Deforestation

Indonesia sangat kuat dengan komitmen dalam penanganan isu perubahan iklim, targetnya mencapai Net-Zero Emission pada tahun 2060.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Menteri LHK: FoLU Net Carbon Sink Tidak Sama Dengan Zero Deforestation
ISTIMEWA
Menteri Siti Nurbaya 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia sangat kuat dengan komitmen dalam penanganan isu perubahan iklim.

Presiden Jokowi juga telah menyampaikan target Indonesia untuk mencapai Net-Zero Emission pada tahun 2060 atau sedapat-dapatnya lebih awal, di perhelatan World Leaders Summit (WLS) on Forest and Land Use (FoLU) di Glasgow pada Selasa (2/11/2021). 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyampaikan bahwa ada hal-hal penegasan yang perlu disampaikan kepada publik terkait komitmen tersebut. 




Satu di antaranya yaitu bahwa zero deforestation tidak sama dengan carbon neutral untuk sektor kehutanan.

"Untuk tahun 2030 dengan segala kebijakan sektor kehutanan yang ada, sejak pemerintahan Presiden Jokowi tahun 2014 akhir hingga sekarang sedang terus berlangsung dan dengan penyempurnaan secara terus menerus, kita memperbaiki tata kelola kehutanan. Hasil-hasilnya selama 6 tahun terakhir juga dirasakan dan akan terus kita tingkatkan," kata Menteri Siti.

Baca juga: Biden Menyindir China: Bikin Kesalahan Besar Tak Nongol di KTT Perubahan Iklim

Baca juga: Presiden Jokowi Tegaskan Kontribusi dan Komitmen Indonesia Tangani Perubahan Iklim

Sekali lagi Menteri Siti menegaskan, harus jelas bahwa zero deforestation atau sama sekali tidak boleh ada penebangan dan bahkan satu pohon jatuh di halaman rumah itu bisa disebut deforestasi.

"Apakah seperti itu? Tentu saja tidak!" tegasnya.

BERITA TERKAIT

Dalam hal individual activities, swasta misalnya, hal tersebut bisa saja dianut, sebab mekanistik, teknis dan satu persatu langkah kerja bisnis misalnya dengan RKU atau rencana kerja usahanya yang  bisa dirinci satu persatu dalam rencana kerja teknik tahunan RKT.

Jelas itu mekanistik, linearistik. 

Tapi untuk negara besar seperti Indonesia, dengan puluhan ribu desa di dalam dan di sekitar hutan, tidak bisa memakai cara-cara zero deforestation tersebut.

Baca juga: Jokowi dan seratus pemimpin dunia di KTT Perubahan Iklim janji akhiri deforestasi tahun 2030

"Tentu saja tidak bisa secara linier itu dikenakan kepada kepentingan secara nasional dan negara Indonesia. Kita sedang sangat giat membangun saat ini dan bangsa Indonesia merasakan pembangunan secara besar-besaran itu," kata Siti. 

"Kita menganut carbon net sink.  Kita mengurangi seminimal mungkin deforestasi dan terus melakukan reforestasi, melakukan perbaikan, pemulihan lingkungan," ujarnya.

Sehingga secara tata pemerintahan, Indonesia tidak bisa sekarang menganut zero deforestation karena sedang giat membangun, dalam arti zero deforestatik sebagaimana dimaksud oleh Menteri Goldsmith dari Inggris.

Siti mengatakan Indonesia bertanggung jawab membangun, namun tentu saja dengan kaidah-kaidah pelaksanaan dalam nilai-nilai sustainability. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas