Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pansel Cari Anggota KPU-Bawaslu Berintegritas, Jejak Digital Calon akan Dipantau

Anggota KPU dan Bawaslu berintegritas karena kelak saat bekerja akan banyak pihak yang mencoba 'menggoda' mereka.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pansel Cari Anggota KPU-Bawaslu Berintegritas, Jejak Digital Calon akan Dipantau
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027, Chandra M Hamzah berpose usai wawancara khusus dengan Tribun Network di Jakarta, Senin (1/11/2021). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TAK ingin mengulangi kesalahan adanya anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dicokok KPK karena terjerat kasus suap dan korupsi, panitia seleksi (Pansel) calon anggota KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 berusaha menjaring calon-calon yang mampu bekerja dengan dan benar, bisa menyelenggarakan pemilu secara berkualitas dan demokratis, dan terutama memiliki integritas.

Integritas bahkan menjadi syarat nomor 1 dari calon yang akan dijaring.

Wakil Ketua Pansel Calon Anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027, Chandra M Hamzah mengatakan, anggota KPU dan Bawaslu berintegritas karena kelak saat bekerja akan banyak pihak yang mencoba 'menggoda' mereka.

Lantas apa yang akan dilakukan Pansel menjaring calon yang memiliki integritas dan tidak bisa 'digoda' itu?

Berikut penuturan Chandra M Hamzah kepada tim Tribun Network dalam wawancara eksklusif di kantornya di bilangan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (1/11/2021):

Pansel mencari calon anggota KPU dan Bawaslu yang memiliki integritas. Dari sederet kriteria yang sudah ditetapkan, integritas ini berada di posisi berapa?

Integritas itu nomor 1. Mengapa? Pertama alasannya bahwa KPU ini adalah penyelenggara pemilihan umum yang akan menyelenggarakan pilpres dan pileg. Itu semua terkait kekuasaan.

Di Pilpres, calon yang menang akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden. Di pileg partai yang menang juga akan menjadi pemegang kekuasaan.

Baca juga: Anggota Komisi II DPR RI Minta Timsel KPU-Bawaslu Kerja Secara Profesional dan Transparan

BERITA TERKAIT

Kita tahu kekuasaan itu sangat menggoda. Semua partai peserta pemilu akan berupaya secara maksimal. Nah, jangan sampai mereka (anggota KPU, red) ini tergoda.

Mungkin ada oknum-oknum yang ingin memaksimalkan kekayaannya, kemudian mencoba menggoda KPU dan Bawaslu.

Ini magnitudenya besar banget. Pemilu gitu ya akan berkuasa 5 tahun ke depan. Jadi kalau anggota KPU dan Bawaslu itu sudah punya integritas, mudah-mudahan dia tidak akan terpengaruh dengan segala jenis godaan.

Apa yang akan dilakukan Pansel untuk mengetahui calon itu berintegritas atau tidak?

Kami lihat track recordnya. Kami akan cek kepribadiannya, potensinya, segala macam kami akan cek. Itu nomer satu lah yang enggak bisa ditawar.

Jadi bekerja supaya pemilu sukses menghasilkan pemimpin yang baik, pemilu berjalan dengan luber jurdil dan juga di dalamnya.

Apakah pansel punya tools untuk diterapkan, bahwa calon yang memiliki integritas itu seperti apa?

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas